Bebas Berkarya di Jalur Indie

Bebas Berkarya di Jalur Indie
Ovelia Band, salah satu band asal kota Palembang yang memilih jalur indie. Foto:Poetra/Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Dengan kondisi persaingan musik tanah air yang kini semakin sengit dan beragam, ternyata tak membuat para seniman-seniman kreatif, terutama pemusik kehilangan akal untuk mengenalkan karyanya pada masyarakat luas.

Meskipun, banyak promotor musik atau dapur rekaman yang mencari bibit baru ternyata tidaklah menjamin para pemusik tanah air bebas berkarya, maka dari itu banyak pemusik terutama grup band memilih jalur alternatif dengan menggarap dan mempromosikan karya mereka sendiri.

Komunitas Indie, begitulah para pemusik menyebutnya. Di Palembang, ternyata sudah banyak yang menggunakan jalur ini untuk mengenalkan karyanya kepada masyarakat agar cepat dikenal.

“Jalur indie dipilih karena dirasa lebih efektif, dan tak memakan biaya banyak,” ungkap Andien salah satu vocalis band Indie Palembang, Ovelia.

Menurut Andien, band di jalur Indie itu lebih mandiri dan sangat melatih profesionalitas setiap anggota band yang terlibat. Mengingat semua penggodokan, dari proses garapan lagu, rekaman hingga promosi dilakukan sendiri tanpa bantuan sponsor atau label musik. “Memang capek dan butuh kerja keras lebih, namun hasilnya jelas seperti apa yang kita inginkan, dan bukan atas permintaan atau aturan siapapun,”jelasnya.

Lanjut Andien, untuk komunitas band indie di kota Palembang, tidaklah sedikit. Saat ini saja sudah mencapai sekitar 20 band indie yang sudah menggarap single untuk dikenalkan ke masyarkat.

“Banyak sudah yang menggunakan jalur indie, kebanyakan sih memang pendatang baru, dan genrenya juga beragam dan bebas,” terang Andien.
Meskipun belum bisa menembus industri musik Indonesia secara gamblang, Ovelia Band bersama band indie lainya, tetap akan berjuang melakukan promo. Salah satunya di media sosial dan youtube guna lebih dikenal lagi musik yang mereka bawakan.

”Ya terus berjuang, lewat jalur manapun kalau nasib beruntung dengan ditunjang musikalitas yang bagus serta disiplin tidak menutup kemungkinan band tersebut akan terkenal, yang jelas terus optimis untuk maju,” tukas Andien didampingi personil Band Ovelia lainnya, Iman pada drum, Joe gitar, dan dua personil pada rythem dan bass.(vot)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses