Beberapa SMA/SMK Masih KTSP

Beberapa SMA/SMK Masih KTSP
Posted by:

##Tahun 2019 SMA/SMK di Sumsel sudah K-13
PALEMBANG – Sebagian besar SMA/SMK Negeri dan Swasta di Sumatera Selatan (Sumsel) sudah menerapkan Kurikulum 2013 (K-13), namun ada beberapa lagi SMA/SMK swasta masih menggunakan Kurikulum KTSP. Pasalnya Disdik provinsi Sumsel menargetkan penerapan K-13 harus selesai pada akhir tahun 2018.
Hal ini diungkapkan oleh Kabid PTK Disdik Sumsel Syahrial Efendi melalui Kasi PTK SMK Disdik Kusdinawan mengatakan dalam meningkatkan pelayanan mutu pendidikan pertama yang harus diajarkan sistem belajarnya. Dimana sesuai peraturan Kemendikbud, Kurikulim 2013 harus tuntas pada tahun 2019 mendatang. “Kita mendata hampir semua SMA/SMK Negeri sudah menerapkan K-13. Dan ada beberapa SMA Swasta lagi masih menggunakan Kurikulum KTSP,” katanya.
Malahan beberapa SMA/SMK swasta yang masih menggunakan KTSP diberikan pembinaan, salah satunya dengan menggelar pelatihan pendidikan K-13 di sekolah baik untuk Kepala Sekolah ataupun guru nya. “Sesuai aturan, penerapan K-13 ini sudah harus selesai sebelum tahun ajaran 2019. Makanya beberapa SMA/SMK lagi sedang dilakukan pelatihan,” jelasnya.
Tentu saja ada perbedaan tesendiri dalam K-13 dan KTSP diantaranya, cara penilaian, cara pembelajaran dan cara pengisian nilai raport. “Ya, kalau K-13 ini dilihat sistem penilaian yang diambil dari sikap, tingkah laku serta belajarnya siswa. Tidak hanya itu siswa/i pun dijadikan lebih aktif dengan sistem K-13,” ungkapnya.
Oleh sebab itulah, pada tahun 2019 ini semua sekolah, baik dari TK, SD, SMP, SMA/SMK sudah harus rampung penerapan K-13. “Konsekuensi apabila ada sekolah yang masih bandel memakai penerapan KTSP, dampaknya sekolah tidak akan bisa menggelar ujian semester, karena rata-rata sekolah negeri sudah lama menggunakan sistem K-13,” bebernya.
Disdik berharap khususnya sekolah swasta yang belum K-13. Untuk tidak takut dalam penerapan menerapkan kurikulum ini. “Soalnya kurikulum 2013 ini sangat baik dalam metode dunia pendidikan. Kita pastikan beberapa SMA/SMK swasta ini sudah akan menerapkan K-13, makanya dalam beberapa bulan lagi Disdik akan berikan pelatihan khusus K-13,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses