BEI Catat 14.583 SRE di Sumsel

BEI Catat 14.583 SRE di Sumsel
Posted by:

 

BATURAJA-

Dalam rangka memperdalam pengetahuan masyarakat tentang pasar modal, serta berinvestasi saham, Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui kantor perwakilan Palembang pertama kali meresmikan Galeri Investasi BEI di luar kota Palembang. Hal ini diperkuat dari jumlah catatan BEI di Sumsel yang mampu menghimpun jumlah investor sebesar 14.583 sub rekening efek (SRE) dan 12.216 single investor identification (SID).

Dari data tersebut, Ogan Komering Ulu (OKU) merupakan penyumbang tertinggi dengan jumlah investor sebesr 549 SRE dan 499 SID. “Sampai dengan 29 Juni 2018 itu yang kita dapat, Kota Baturaja juga memiliki andil besar bagi salah satu Perusahaan Tercatat di BEI,” jelas Kepala Pengembangan Wilayah Area 1 BEI, Andre Mahardika.

Dia mengungkapkan, Oku merupakan kabupaten yang memiliki cadangan kapur terbesar sebagai bahan baku semen, yaitu PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) yang memiliki pabrik penghasil semen terbesarnya di kota ini. Pabriknya sendiri beroperasi sejak tahun 1981 dengan kapasitas produksi saat ini mencapai 3.150.000 ton semen per tahun, sehingga SMBR mampu menghasilkan produksi total sebanyak 3.850.000 ton semen per tahun. Pabrik tersebut saat ini dioperasikan oleh 770 orang karyawan inti.

Potensi daerah yang dimiliki oleh Kota Baturaja, ibu kota Kabupaten OKU adalah letak geografisnya yang strategis berada di antara Kota Prabumulih dan Kota Muaraenim sebagai penghasil minyak dan gas, serta Batubara, lokasi PT Bukit Asam Tbk beroperasi.

“Sehari sebelumnya, pada Senin (6/8/18), kami berkolaborasi dengan PT KGI Sekuritas Indonesia meresmikan Galeri Investasi BEI Universitas Tridinanti Palembang (UTP). Galeri Investasi BEI Universitas Tridinanti Palembang tercatat sebagai Galeri Investasi BEI kampus ke-359 di tahun 2018, Galeri Investasi BEI ke-70 yang diresmikan di tahun 2018, menjadi Galeri Investasi BEI kampus ke-8 dan Galeri Investasi BEI ke-10 di wilayah Provinsi Sumatera Selatan,” terangnya.

Lanjut Hary, BEI selama 2018 sudah meresmikan total 390 Galeri Investasi di seluruh Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke sudah terdapat Galeri Investasi BEI di seluruh Provinsi di Indonesia. Peresmian Galeri Investasi BEI Universitas Tridinanti Palembang dihadiri oleh oleh Kepala Pengembangan Wilayah Area I Dedy Priadi, Direktur PT KGI Sekuritas Indonesia Robby Winindo Rektor Universitas Tridinanti Palembang Manisah yang turut dihadiri oleh Kepala OJK Kantor Regional VII SumBagSel Panca Hadi Suryatno.

“Kita berharap dengan diresmikannya Galeri Investasi BEI di universitas sebelumnya dan yang kedua ini, dapat meningkatkan literasi dan edukasi pasar modal di wilayah setempat sekaligus meningkatkan jumlah investor pasar modal, khususnya di OKU dan Sumsel,” tandas Hary. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses