Belum Pernah Direnovasi Sejak 1983

Belum Pernah Direnovasi Sejak 1983
Kondisi bangunan SDN 73 Palembang yang terletak di kertapati, terlihat atap plafon yang terlihat rusak sehingga hujan sering masuk ke dalam atas plafon sekolah. Foto Rangga/ Palembang Pos
Posted by:

PALEMBANG – Sekolah Dasar (SD) Negeri 73 Palembang, dibangun sejak 1983, hingga 2016 belum mendapatkan bantuan perbaikan pembangunan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota Palembang. Akibatnya sejumlah bagian mengalami kerusakan, terparah bagian atap yang bocor.
Setiap pelajar pasti mengidamkan kenyamanan dalam menuntut ilmu di sekolah. Saat turun hujan atap dan plafon kelas di lantai atas sering mengalami kebocoran. Demikian kondisi sekolah yang terletak di Jl H Faqih Usman 2 Ulu.
Kepala SDN 73 Palembang Dra Syamsiah melalui wakilnya Ratna Dewi mengatakan, sejak dibangun 1983 pihaknya belum mendapatkan bantuan perbaikan sampai sekarang. Padahal usulan proposal sudah melebihi 3 kali ke Disdikpora kota Palembang untuk meminta bantuan rehab bangunan. “Namun saat ini pihaknya belum dapat tanggapan mengenai kapan perbaikan bangunan di SDN 73 Palembang direalisasikan,” katanya.
Ditambah lagi, sebanyak 429 siswa masih double shift dan kekurangan kelas. Soalnya ada 6 ruangan kelas buat siswa, tapi hanya 5 dipakai buat belajar dan satunya lagi untuk ruangan guru, belum lagi ruangan khusus Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tidak ada. “Ya, Kalau hujan turun dan air sedang pasang, biasanya sekolah mengalami kebanjiran sampai lutut kaki dan atap plafon atas mengalami kebocoran,” jelasnya.
Lanjutnya, saat hujan deras mulai datang para siswa yang ada di kelas atas merasa terganggu, sebab siswa saling bergotong royong membantu membersihkan air yang sering masuk ke kelas. “Disamping itu untuk kelas bawah juga tanahnya sudah mengalami kemiringan atau lantainya tidak merata lantaran air hujan selalu menggenang,” ungkapnya.
2008 lalu, atap plapon atas bangunan perna mengalami ambruk atau rusak, tapi hanya bisa ditambal saja, belum bisa diperbaiki secara penuh karena dana yang terbatas. “Melihat atap sekolah sudah tidak bisa ditambal lagi. Dirinya berharap Disdikpora bisa melihat kondisi SDN 73 Palembang. Sehingga dengan direhabnya bangunan sekolah kedepannya bisa membuat para siswa lebih nyaman dan efektif lagi dalam menuntut ilmu,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses