Bentuk Karakter Siswa Berbagai Aspek

Bentuk Karakter Siswa Berbagai Aspek
Posted by:

PAGARALAM – Penerapan pendidikan karakter di sejumlah sekolah di Kota Pagaralam, bukanlah hal baru. Sudah diterapkan jauh sebelumnya. “Pendidikan karakter penting dalam upaya membentuk perilaku anak didik dari segala aspek. Namun pendidikan karakter tidak hanya didapat dari lingkungan sekolah semata, juga dari lingkungan luar sekolah,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Diskdikbud) Kota Pagaraalam, Drs Marjohan Derah MPD, melalui Kabid  Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Beni Aswan SPd MPd, dalam kegiatan Seminar Nasional bertajuk ‘Pendidikan Karakter di Era Globalisasi dalam Proses Pembelajaran Abad XXI’ di aula SD Negeri 74 Kota Pagaralam, Jumat (13/1/18).

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta, baik dari guru sekolah dan para siswa. Narasumber, menghadirkan Dosen STKIP Muhammadiyah Pagaralam, Dosen Universitas Sriwijaya, Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dan Dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Di era sekarang lanjut Beni, ilmu yang disampaikan kepada anak didik tidak hanya dari kurikulum pembelajaran. Bahkan dari sejumlah elemen masyarakat, seperti tokoh masyarakat, orangtua, juga aparat hukum. Saat ini pihak kepolisian dan kejaksaan juga sudah masuk ke sekolah memberikan penyuluhan hukum. Tujuannya, agar perilaku siswa tidak menjurus ke perilaku kenakalan remaja. “Ini juga merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk membentuk perilaku siswa di sekolah,” paparnya.

Disebutkannya, pendidikan karakter akan menyatu dalam kurikulum setiap mata pelajaran. Target pendidikan agar siswa dapat mengimplementasikan karakter siswa berperilaku baik, santun, peduli dengan orang lain, saling pengertian, baik di lingkungan sekolah juga di luar.

Sementara Asisten II Bidang Pemerintahan Kota Pagaralam, H Syafrani membuka acara seminar mengatakan, semua guru dan kepala sekolah sebagai ujung tombak pendidikan karakter. “Dengan penerapan pola pendidikan para siswa bisa membudayakan berperilaku baik dan santun, baik di sekolah maupun di luar,” katanya. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses