Besok Paslon Gubernur Sumsel Debat Perdana

Besok Paslon Gubernur Sumsel Debat Perdana
Posted by:

* Aswari-Irwansyah Hadapi dengan Bismillah

Palembang,-
Sesuai jadual yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel, Rabu (14/3/18) akan menjadi debat kandiat perdana bagi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumsel, masa jabatan 2018-2023. Untuk menghadapinya, masing-masing kandidat mempunyai cara sendiri-sendiri.
Calon Gubernur Sumsel nomor urut 2, H Saifudin Aswari Rivai SE menyatakan dirinya dan pasangannya HM Irwansyah SSos MSi, siap memaparkan pengalamannya, dengan apa adanya pada Debat Publik gelaran KPU Sumsel di Grand Ballroom Hotel Novotel, Rabu (14/3/2018) malam. “Kita Bismillah saja. Insyak Allah, Kak Wari akan memaparkan apa yang dikerjakan di Lahat. Dak ngarang-ngarang, karena dengan pengalaman 9 tahun membangun Kabupaten Lahat cukup berhasil dengan kelebihan serta kekurangannya. Sehingga ke depan pembangunan Sumsel yang pro rakyat, bukan hanya hayalan, tetapi benar-benar nyata,” ungkap Aswari, Senin (12/3/2018).
Bahkan, untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, paslon yang didukung Partai Gerindra-PKS ini sudah melaunching program OK OCE KITO. Program ini menitikberatkan pelaku UMKM untuk mau membangun wilayahnya sendiri. Targetnya, setiap kecamatan harus memiliki minimal satu wirausahawan yang bisa membagikan lahan pekerjaan untuk yang lain. “Kami tidak muluk-muluk, sekian tahun ini beres. Tidak bisa itu. Pembangunan kebutuhan masyarakat yang terus menerus. Tidak cukup hanya diselesaikan 1-2 tahun. Jangan ada pembohongan publik, dan memberikan harapan palsu sehingga membuat, sehingga kesannya menjadikan masyarakat sebagai komoditi politik,” kata pria yang terkenal dengan program bantuan ayam untuk orang yang dapat musibah ini.
Aswari mengakui kalau tidak ada manusia yang menguasai semuanya, oleh sebab itu, dengan adanya Irwansyah dan didukung partai pengusung serta seluruh masyarakat, dia yakin program-program pro rakyat itu bisa terealisasi. ”Irwansyah jugo apo yang dilakukannya nyata bangun di Pangkalpinang. Dan kami bukan mengundurkan diri, tapi menyelesaikan dulu tugas kami, baru kami mundur,” pungkasnya.
Sementara itu kandidat cagub Sumsel lainnya yakni Herman Deru mengatakan, dirinya tidak mempunyai persiapan khusus untuk menghadapi debat. Karena sebelumnya dia dan pasangannya Mawardi Yahya sudah bberapa kali mengikuti debat. Lebih jauh Deru mengatakan, kalau dirinya akan memanfaatkan debat ini sebagai ajang sosialisasi 9 program strategisnya, kepada masyarakat.
”Debat merupakan salah satu tahapan yang banyak diperhatikan masyarakat. Jadi, ini akan menjadi ajang bagi kita untuk menyampaikan program-program terbaik kita kepada masyarakat,” katanya.
Disinggung soal netralitas penglenggara, Deru mengaku masih sangat optimis kalau KPU selaku penyelenggara sekaligus pihak yang punya wewenang untuk memilih panelis, akan melakukan tugasnya dengan baik, dan tetap netral. ”Saya masih sangat percaya kepada penyelanggara pemilu. Untuk pastinya, kita bisa lihat diacara Rabu (14/3),” katanya.
Sementara itu Ketua KPU Sumsel, Aspahani mengatakan, KPU Sumsel akan menggelar dua kali debat kandidat bagi keempat pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, masing-masing pada 14 Maret dan 22 Juni 2018. Untuk debat pertama pada Rabu, 14 Maret 2018 dilaksanakan di ballroom Hotel Novotel mulai pukul 19.00 WIB.
“Dalam debat tersebut empat pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel akan bertarung menyampaikan visi dan gagasannya secara langsung ke hadapan publik,” kata Ketua KPU Sumsel H Aspahani, Senin (12/3). Untuk menyukseskan acara ini, KPU Sumsel rencananya akan menggandeng sejumlah guru besar dari perguruan tinggi di Sumsel dalam debat tersebut sebagai tim perumus. “Tim menghubungkan visi misi yang disampaikan oleh calon dengan masalah yang dihadapi di Sumsel. Itu akan kita gali dalam momentum debat,” tegasnya.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses