BI Beri Beasiswa untuk Mahasiswa UIN dan Unsri

BI Beri Beasiswa untuk Mahasiswa UIN dan Unsri
Posted by:

 

PALEMBANG –

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumsel kembali menyalurkan beasiswanya kepada 50 mahasiswa sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap dunia pendidikan. Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan di Aula Bank Indonesia, Rabu, (19/9/18).

Rudi Khairudin mengatakan beasiswa Bank Indonesia tahun 2018 ini disalurkan kepada 100 mahasiswa.  “Mahasiswa ini terdiri dari 50 mahasiswa Unsri dan 50 mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang memang kami rasa pantas untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Kami berharap agar beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh mahasiswa,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa sejak tahun 2014, BI wilayah Sumsel telah menyalurkan beasiswa kepada kurang Iebih 320 orang mahasiswa berprestasi baik dari UNSRI maupun UIN Raden Fatah. Upaya ini sebagai peran Bank Indonesia untuk turut mencerdaskan kehidupan bangsa, yang merupakan amanat konstitusi.

Beasiswa ini merupakan program bantuan biaya kuIiah tanpa ikatan dinas, yang diberikan kepada mahasiswa jenjang sarjana (S1) yang memiliki prestasi akademik dan aktivitas social kemasyarakatan. Pada tahun ini, pihaknya memberikan beasiswa sebesar Rp1 juta per bulan untuk setiap mahasiswa. Besaran beasiswa tahun ini Iebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp750.000 per bulan untuk setiap mahasiswa kepada 80 mahasiswa.

Untuk mewadahi potensi penerima beasiswa BI yang beragam, baik dari sisi disipIin iImu dan keterampilan (keahIian) yang dimiIiki, Bank Indonesia membentuk komunitas Generasi Baru Indonesia atau GENBI untuk menghimpun para penerima beasiswa.

Kemudian komunitas ini akan menjadi tempat mereka berinteraksi, serta melatih tanggung jawab untuk meIaksanakan berbagai aktivitas sosiaI kemasyarakatan. Para mahasiswa dibekaIi dengan berbagai pengetahuan seperti kebanksentralan dan soft skill antara Iain kewirausahaan, leadership, dan kemampuan berorganisasi, serta akan ikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan Bank Indonesia untuk memberikan pengaIaman profesionaI serta meningkatkan kemampuan akademik para mahasiswa.

Tidak hanya memberikan beasiswa, BI wilayah Sumsel juga mengelar seminar kepemimpinan dengan nara sumber yang berasal dari Sumsel yang telah Sukses. Seminar ini berlangsung meriah, dan antusias dari peserta. Apalagi interaksi yang dibangun sesuai dengan latar belakang para narasumber yang lahir di Sumsel.(Str)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses