Blender Sabu Senilai Rp 1,2 Milyar

Blender Sabu Senilai Rp 1,2 Milyar
Foto Denni/Palembang Pos Caption: Kombes Pol Tommy memusnahkan sabu dengan cara memblendernya.
Posted by:

PALEMBANG-Pemusnahan barang bukti narkoba jenis Sabu-sabu sebanyak 898,18 gram nilainya sekitar Rp 1,2 milyar, pada Jumat (09/12) pagi digelar di halaman Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel. Kegiatan pemusnahan tersebut dipimpin sendiri Dir Res Barkoba Polda Sumsel Kombes Pol Tommy Dwi Arianto. Dalam pemusnahan tersebut hadir pula Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumsel,  Labfor Forensik Palembang, kejaksaan Tinggi.

Ada tiga laporan dalam pemusnahan sabu kali ini, dalam jangka waktu satu bulan pengungkapan terakhir, dengan mengamankan empat tersangka baik bandar, pengedar sekaligus pecandunya. Para tersangka itu Suratmi alias Amin, M. Febriansyah, Teri Kristian, dan Muhammad Fauzan.

Rinciannya dari tersangka Suratmin barang bukti sebanyak 359,56 gram, lalu tersangka M Febriansyah bersama Teri Kristian 80,89 gram serta tersangka A Fauzan 457,73 gram, dimana sebagian barang bukti telah disihkan untuk sampel.

Selanjutnya, tim Labfor Forensik Palembang, melakukan pengecekan untuk mengetahui, kadar keaslian barang terlarang tersebut. Hasil pemeriksaan, narkoba tersebut mengandung ampetamin yang berbahaya terhadap saraf. Barulah narkoba dimasukan ke dalam blender, lalu dicampur dengan deterjen, agar tidak disalah gunakan. Setelah itu dibuang ke dalam ke saluran air.

Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Tommy Aria Dwianto mengutarakan pemusnahan barang bukti tersebut hasil ungkap dari akhir Oktober hingga awal November atau sebulan belakangan tahun ini, dengan sabu-sabu sebanyak 898,18 gram, hasil ungkap dari Kasubdit I AKBP Andri S Sik dan Kasubdit II Kompol FX Irwan Arianto SIk MH. “Palembang sebagai tempat yang aman bagi para pengedar, ini merupakan atensi yang besar, saat ini negara kita sudah menjadi tempat subur bagi narkotika. Kemudian kita juga komit dan transparan dalam penegakan narkoba ini, mari bersama gelorakan perang terhadap narkoba, dan menangkap bandar yang berkeliaran,” cetusnya.

Sementara menurut Wakil Direktorat Res Narkoba Polda Sumsel AKBP Imam Syachroni menambahkan bila narkoba dengan jumlah ratusan gram itu akan diedarkan di Palembang jelang akhir tahun. “Untuk kisarannya dari jumlah total, bila jual perkantong senilai Rp 1,2 Milyar total, sementara kalau terpisah dengan paketan bisa lebih itu sampai 1,5 milyar, jadi tergantung metode dan sasarannya,” ujarnya. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses