Buka Bank Sampah Untuk Pemulung

Buka Bank Sampah Untuk Pemulung
Bripka Dodi Purnama SE MM, Direktur Bank Sampah menyerahkan buku tabungan sampah kepada pemulung
Posted by:

Lahat – Siapa bilang kalau polisi itu ganas dan sangar, karena kerjanya selalu memburu penjahat. Tidak semua polisi bertampang sangar. Buktinya, anggota Polres Lahat yang pernah bertugas di Satreskrim Polres Lahat ini, ada kini yang mengabdi dengan masyarakat, dikenal dengan keramahannya.

Hebatnya, dengan jabatan Direktur, polisi ini kini bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bagi masyarakat keci di Lahat. Bripka Dodi Purnama SE MM, namanya. Jabatan Direktur Bank itu didapatkannya, setelah ia membuka Bank Sampah, untuk para pemulung di Kabupaten Lahat.

Mantan anggota Satreskrim Polres Lahat ini, tak pernah menyangka tindakannya itu kini bermanfaat bagi masyarakat. Awalnya, karena prihatin melihat para pemulung di TPA Lahat, yang mengeluh tidak punya tempat untuk menjual barang hasil memulung.

“Baru tahun 2011 ini didaftarkan menjadi Bank Sampah. Awalnya mereka ini (pemulung) hanya memilah sampah lalu dijual ke lapak pengepul. Belum ada pemilahan sampah mana yang bernilai ekonomis tinggi,” ujarnya, Kamis (22/2/2018).Sistem menabung yang digunakan Anggota Polsek Mulak Ulu, Polres Lahat ini, bukan berupa uang. Melainkan sampah non organik yang dikumpulkan oleh para pemulung. Dengan patokan harga, untuk sampah kaleng dihargai Rp 500 perkilogram, sampah plastik Rp 1.200 perkilogram.

“Disini kita mengajarkan mereka untuk menabung. Kalau ada kurang pembayaran Rp 500, atau Rp 1000, tidak hangus. Melainkan langsung masuk dalam bentuk tabungan,” kata Dodi.Dengan ketekunannya, Dodi bukan hanya membuka lapangan kerja, tapi juga memberikan edukasi pentingnya menabung. Selain itu, mengurangi tindak kejahatan, dan mengurangi ancaman penyakit bagi pemulung yang tinggal disekitar TPA. “Kedepan kami berencana membuat tabungan umroh dan haji, untuk para pemulung. Itu juga melalui sampah,” tuturnya. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses