Buka Lahan Transmigrasi Baru

Buka Lahan Transmigrasi Baru
Posted by:

Indralaya, Palembang Pos,-
Setelah sukses membuka lahan transmigrasi di Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Desa Sungai Rambutan dan Desa Parit Kecamatan Indralaya Utara, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi , bakal membuka lokasi   baru.
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ogan Ilir melalui  Kabid Pembinaan dan Pengembangan Usaha Transmigrasi, Saili mengatakan,  perencanaan masih dalam wacana.
Namun, pihaknya sudah mendapat tanah yang diserahkan masyarakat seluas 600 hektare berlokasi di Kelurahan Muarakuang Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir.
Nantinya, jika disepakati dan sudah ada titik terang, maka tanah seluas itu dapat ditempati 300 kepala keluarga warga transmigrasi. Dari jumlah tersebut, 50 persen ditempati warga pribumi dan 50 persen warga luar Sumsel.
Disinggung daerah potensial lokasi  transmigrasi, Saili mengatakan, ada dua jenis  lahan. Pertama   potensial untuk dijadikan lahan transmigrasi  basah dan lahan kering.
Lanjut Saili, untuk lahan basah sangat potensial dan produktif ditanam sawit sebagai mata pencaharian utama. Sementara lahan kering atau dataran tinggi cocok tanaman karet.
Pengembangan wilayah transmigrasi akan dibuka, tepatnya tiga kilometer dari Kelurahan Muara kuang. Sehingga mudah dijangkau. “Semuanya potensial, kita hanya terbentur masalah lahan, karena yang dibutuhkan sangat luas. Kalau ada masyarakat mau menghibahkan lahannya, kenapa tidak. Nanti  kita lihat  potensi alam  disana,” ujar Saili. (din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses