BUMDesa Membangun Indonesia

BUMDesa Membangun Indonesia
Posted by:

PALEMBANG – UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, telah mengamanatkan kepada bangsa Indonesia utk mengembalikan desa sebagai Subjek Pembangunan.

Hal tersebut menjadi benang merah dari diskusi yang digelar DPD Pospera Sumsel, akhir pekan lalu. Hadir sebagai pembicara, Belman Karmuda Kadinsos Sumsel dan Kiki Rizki Yoctavian Pembina Pospera Sumsel.

Desa sebagai sumber bahan baku sekaligus sumber penyedia tenaga kerja serta konsumen aktif sudah harus menjadi bagian penting dalam mengawal Nawacita dan komitmen TRISAKTI Pemerintahan Jokowi.

Oleh sebab itu, DPD Pospera Sumsel memandang perlu untuk berperan aktif mengawal implementasi UU progresif ini dalam bentuk memassalkan diskusi diskusi ilmiah yang berkenaan dengan UU No 6 tahun 2014.

Permendesa No. 4 tahun 2015 yang mengatur tentang BUMDesa, perlu di informasikan kepada publik secara sistematis dan rinci, karena salah satu problem utama bangsa kita adalah kemiskinan itu jika di tinjau dari geografis bahwa luas teritorial mayoritas perdesaan.

Artinya, kemiskinan pun mayoritas di wilayah perdesaan. Melalui pembangunan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), pemerintah desa dan rakyat desa di dorong untuk merencanakan usaha pemanfaatan potensi desa secara ekonomi dalam skala lokal desa, mempertimbangkan kearifan lokal.

Sebagai contoh BUMDesa melalui unit usaha kredit mikro dan atau Koperasi Simpan Pinjam diharapkan mampu melayani kebutuhan permodalan bagi usaha kecil rakyat desa, kelompok usaha kaum perempuan dll.

BUMDesa juga bisa mengupayakan pembangunan jaringan pasar, kerjasama mutualisme dengan perusahaan perusahaan swasta yang ada disekitar desa.

Oleh sebab itu, BUMDesa juga mesti di ajarkan, diperkenalkan dengan perencanaan bisnis, study kelayakan bisnis yang tepat sehingga mampu bertahan dan berkembang situasi ekonomi yang paling liberal sekalipun. Mengapa? Karena BUMDesa di bentuk dari, oleh dan untuk rakyat. Atas pemahaman itulah, POSPERA membangun ikhtiar bergotong royong memfasilitasi diskusi diskusi ilmiah dan akan terus di massifkan di kabupaten hingga desa. (dan)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses