Bupati Bantu Korban Bencana Angin Puting Beliung

Bupati Bantu Korban Bencana Angin Puting Beliung
Posted by:

RANTAU BAYUR – Bencana alam, angin puting beliung Minggu (14/2) sekitar pukulk 19.30 WIB, berlangsung mencekam di 4 Desa di Kecamatan Rantau Bayur, Kabupaten Banyuasin. Adalah Desa Tanjung Menang, Kemang Bejalu, Sungai Lilin dan Srijaya yang terkena dampaknya. Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak 15 rumah roboh dan rusak berat, serta 57 rumah lagi megalami kerusakan ringan.

Penanganan bencana angin puting beliung terparah tahun ini, ditinjau langsung Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian SH, bersama Sekda Ir Firmansyah serta rombongan SKPD. Bupati turun langsung lokasi kejadian, bertatap muka dengan para warga menjadi korban, kemudian memberikan bantuan darurat berupa bahan makanan, pakaian, uang untuk bantuan rumah yang rusak berat maksimalnya Rp 10 juta dan rusak ringan Rp 5 juta.

Selain itu menerjunkan tim medis, untuk memberikan pengobatan kepada warga yang mengalami luka-luka usai musibah. “Setelah kita bahasa dalam rapat, segera pagi tadi, saya bersama rombongan langsung meluncur kesini untuk melihat bencana yang dialami warga dan sekaligus memberikan bantuan sementara kepada mereka,”kata Yan Anton Ferdian.

Bantuan bencana alam pun telah disediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin. “Nanti, setelah didata oleh Kepala Desa (Kades) setempat dan Camat Rantau Bayur, saya minta BPBD secepatnya akan diproses untuk diberikan kepada korban bencana alam tersebut,”terangnya

Ia mengaku turut prihatin atas musibah yang terjadi saat ini, karena memang tak dapat dipungkiri kalau kejadiannya disebabkan hujan deras yang disertai angin kencang sehingga merusak dan robohkan puluhan rumah warga.

“Sejak awal kami telah mengingatkan kepada warga agar tetap waspada yang belakangan ini, intensitas curah hujan kian meningkat, dan seringkali angin kencang. Namun, tetap bersyukur meskipun dirugikan secara material akan tetapi tidak ada korban jiwa,” tuturnya

Kepala BPBD dan Kesbang Pol Banyuasin Alileman Arsyad mengatakan bencana alam angin puting beliung, terjadi saat ini yang paling besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya tidak akan menghambat bantuan bencana ini, sesuai intruksi Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian, segera akan dikucurkan bantuannya kepada korban.”Untuk bantuan rumah yang rusak berat maksimalnya Rp 10 juta dan rusak ringan Rp 5 juta. Akan tetapi disesuaikan dengan kerugian yang dialami masyarakat. Namun itu angka maksimalnya, karena kami masih menunggu data dari Kades dan Camat terkait kerugian korban bencana alam,” pungkasnya. (adi/adv)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses