Bupati Lepas Jemaah Calon Haji Muara Enim

Bupati Lepas Jemaah  Calon Haji Muara Enim
Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar melapas keberangkatan jemaah calon haji Muara Enim, Minggu (6/8). Foto Lukman Palembang Pos

MUARA ENIM – Isak tangis mengiringi keberangkatan Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Muara Enim yang tergabung dalam kloter 14. Keberangkan jemaah haji itu dilepas Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar dari Islamic Center, Sabtu (5/8). Kepada jemaah, bupati mengatakan, apa yang dijalani saat ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi umat muslim yang bisa mejalankan rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji. Namun, melakukan ibadah di negara orang dengan latar belakang budaya yang berbeda juga bukan hal yang gampang.

Tak lapa bupati juga berpesan, agar para jamaah asal Muara Enim bisa menjaga sikap dan prilaku saat berada di negara orang. “Jadilah jamaah indonesia yang sopan, santun dan bisa menjaga diri di negara orang. Karena, budaya dan kebiasaan disana tidaklah sama dengan negara kita,” ujarnya.Selain itu, Bupati menambahkan, hendaknya jamaah juga bisa mematuhi aturan hukum yang berlaku di Arab Saudi.

“Buang jauh jauh sifat arogan kita. Karena, bukan hanya kita yang melakukan ibadah disana, namun orang dari seluruh dunia. Jangan sampai ibadah belum selesai tapi kondisi badan kita sudah tidak kuat. Semoga jamaah bisa menjadi hajib yang mabrur,” pungkasnya.Sementara itu, Kakanwil Kementrian Agama Muara Enim, H Muhammad Abdu dalam sambutannya mengatakan, seluruh jamaah yang diberangkatkan hari ini ke astama haji Palembang merupakan kloter ke tiga.

“Seluruhnya berjumlah 261 jamaah asal Muara Enim. Mereka diperkirakan sampai asrama haji palembang sekitar pukul empat sore, yang kemudian esok hari akan diberangkatkan ke Madinah,” ujarnya. Total keseluruhan jamaah adal Muara Enim, lanjut Abdu, ada 269 jamaah. Dimana pada Kamis (4/8) sudah ada dua orang yang diberangkatkan berbarengan dengan jamaah adal Prabumulih. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply