Bupati Terima Penghargaan SAKIP

Bupati Terima Penghargaan SAKIP
Posted by:

#Dari KemenPAN-RB dengan Nilai BB
#Jelang Akhir Masa Jabatan

MENJELANG berakhir masa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar dan Wakil Bupati H Nurul Aman SH kembali mempersembahkan prestasi terbaiknya kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim.
Kali ini, Bupati menerima penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat BB dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.
Penghargaan diberikan langsung MenPAN-RB, Asman kepada Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar yang berlangsung di Hotel Radison Golf And Convention Center, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (25/01/18).
Menurut Bupati, penghargaan yang diterima merupakan keberhasilan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang selama ini telah mampu meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
“Terima kasih kepada semua jajaran SKPD dan masyarakat Muara Enim yang membantu kami dalam bekerja. Sehingga kembali mendapatkan penghargaan SAKIP dengan nilai BB. Sedangkan tahun sebelumnya kita mendapatkan penghargaan yang selam dengan nilai B. Nilai BB yang kita peroleh kali ini berarti ada peningkatan dari sebelumnya,” jelas Muzakir usai menerima penghargaan tersebut.
Dijelaskannya, keberhasilan Muara Enim meraih nilai BB tersebut adalah berkat komitmen pemerintah daerah untuk terus meningkatkan akuntabilitas kinerja mulai dari tingkat desa, kecamatan, perangkat daerah, sampai tingkat Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim.
“Pemkab Muara Enim senantiasa bekerja keras, bekerja cerdas dan meningkatkan kolaborasi perangkat daerah sehingga dapat memberikan hasil yang terus meningkat dan lebih baik dari tahun ke tahun,” ujar Muzakir.
Peningkatan tersebut, lanjut dia, dapat dilihat dari capaian SAKIP dari predikat CC tahun 2012 dan 2013. Kemudian menjadi B selama tiga tahun yaitu tahun 2014 hingga 2016 dan meningkat menjadi BB di tahun 2017.
“Alhamdulillah tahun 2017 Kabupaten Muara Enim mendapat predikat BB dengan nilai 70,01. Ini sesuai dengan target RPJMD 2013-2018,” ucap Muzakir.
Muzakir mengatakan nilai BB yang diberikan Kementerian PANRB membuktikan Pemkab Muara Enim telah memiliki manajemen kinerja yang baik dan dapat diandalkan.
Ditambahkan Muzakir, beberapa inovasi yang telah dilakukan dalam penngkatkan akutabilitas kinerja adalah penyusunan cascading kinerja bagi seluruh pernagkat daerah, penerapan sistem aplikasie-sakip dan penandatanganan perjanjian kinerja eslon II, III dan IV dalam rangka membangun manajemen kinerja yang lebih baik.
Selain Muara Enim, ada 22 kabupaten/kota yang menerima hasil evaluasi SAKIP dengan nilai BB. Khusus untuk wilayah 1 meliputi Sumatera, Banten dan Jawa Barat, hanya 9 kabupaten/kota yang mendapat kan nilai BB, salah satunya adalah Kabupaten Muara Enim.(humaspro)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses