Cakades Harus Bebas Narkoba

Cakades Harus Bebas Narkoba
tes urine

LAHAT – Badan Legislatif (Banleg) DPRD Lahat membahas dua rancangan perda (raperda), yakni perubahan atas Perda Kabupaten Lahat Nomor 4 tahun 2015 tentang Pilkades, dan Raperda Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah. Dalam Raperda Pilkades terdapat poin calon kepala desa (cakades) harus bebas narkoba.

“Tujuannya tidak lain supaya calon-calon kades bebas dari narkoba,” jelas Ketua Banleg DPRD Kabupaten Lahat, Bambang Supriadi SIP. Bambang mengakui, adanya aturan cakades wajib mengantongi surat bebas narkoba itu lantaran banyak ditemukan kades terlibat narkoba.

Dengan adanya perda itu nantinya, sebelum duduk sebagai kades, yang bersangkutan sudah bersih dari segala bentuk barang haram itu. “Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), yang meminta adanya syarat ini. Kami juga sangat setuju. Apalagi memang benar banyak kades tersandung kasus narkoba, sampai-sampai diberhentikan,” ungkapnya.

Disisi lain, Kepala DPMD Kabupaten Lahat, Rosmiana, melalui Kabid Tata Wilayah dan Administrasi Pemdes, Otmansyah SE mengatakan, syarat cakades harus berdomisili minimal setahun di desa tempatnya maju juga sudah dicabut, atas putusan Mahkamah Konstitusi. “Bisa mencalonkan diri dimana saja, tanpa harus menjadi penduduk selama setahun dulu,” paparnya.(rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply