Caleg Diminta Taati Aturan

Caleg Diminta Taati Aturan
Posted by:

Kayuagung, Palembang Pos,-
Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) Kabupaten OKI, meminta kepada para calon anggota legislative (caleg) dari berbagai partai politik (parpol) untuk mentaati aturan yang telah ditetapkan dalam PKPU No 15 tahun 2013 dan Surat Edaran nomor 664 terutama dalam pemasangan alat peraga kampanye.
“Sebenarnya kalau soal aturan, kita yakin seluruh caleg parpol maupun anggota DPD sudah mengerti dengan aturan yang ada, namun masih banyak APK dipasang tidak pada tempatnya, entah ini disengaja atau tidak.” Kata Ketua Panwaslu OKI, M Fakhruddin.
Menurutnya, panwaslu telah menyurati parpol untuk menertibkan sendiri alat peraga kampanye yang melanggar dan pihaknya juga telah menyampaikan rekomendasi kepada KPU untuk segera menertibkan APK yang melanggar, namun belum ada tindaklanjut.
Sementara itu Kasat Pol PP OKI,  Pratama Suryadi mengaku telah menerima surat permintaan penertiban APK dari KPU OKI. Tetapi pihaknya masih memberikanw waktu pada parpol untuk menurunkan sendiri atributnya. “Namun jika tetap tidak diindahkan akan segera kita turunkan.” Katanya.
Hal yang sama juga terjadi di OKU Timur, dimana masih banyak calon yang memang atribut sembarangan. Ketua KPU OKUT H Leo Budi Rachmadi melalui Devisi Hukum dan Pengembangan SDM, Aldi Andriansyah, mengatakan hingga saat ini masih banyak caleg yang memasang APK dijalan protokol dan pohon.
“Padahal, untuk masalah ini sudah diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) nomor 8 tahun 2014 yang ditandatangani Bupati OKUT H Herman Deru tentang perda nomor 33 tahun 2008 tentang kebersihan, keindahan, ketertiban dan kesehatan lingkungan,” jelasnya.
Tidak hanya larangan semata, pemasangan alat kampanye juga harus sesuai ketentuan seperti dilarang memasang diatas badan jalan dengan cara melintang, pepohonan yang menggunakan paku dan sebagainya yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan.(cr04/cr07)
Foto : Ketua Panwaslu OKI M Fakhruddin.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses