Cari Regenerasi, Gelar Lomba Adzan 

Cari Regenerasi, Gelar Lomba Adzan 
Posted by:

 

LUBUKLINGGAU – Ada banyak cara yang dilakukan untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73. Seperti yang dilakukan warga di Kelurahan Cermeh Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau, khususnya RT 09 dan RT 06.

Berbagai perlombaan digelar, tidak hanya untuk kalangan remaja dan dewasa. Anak-anakpun ikut dilibatkan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI.

Menariknya lomba yang digelar bukan sekedar meriah tetapi bertujuan membangun karakter dan akhlak anak-anak sejak dini.  Dengan melibatkan anak-anak  usia dini (TK dan SD). Seperti lomba bernuansa islami, mulai dari baca Al Quran (surat pendek), dan lomba azan.

“Lomba hafalan ayat-ayat pendek pilihannya surat Alfatiha, An nas, Al Falag dan Al Ikhlas,” kata Rif’at, Ketua RT 9, Kelurahan Ceremah Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timu II.

Dalam lomba hafalan ayat pendek, setiap peserta harus mengambil kertas untuk memilih hafalan yang akan dibacakan. Kemudian mereka maju dan dinilai tim juri berjumlah tiga orang. Terdiri dari tokoh agama, guru ngaji dan tokoh pemuda dikampung lingkungan RT tersebut.

“Penilaian lebih kepada mental, proses pembelajaran, bila salah, tim juri langsung mengingatkan dan mencontohkan bacaan yang benar,” jelas Rif’at.

Khusus lomba adzan, pemenangnya selain me dapatkan hadiah beruoa piagam dan oiala juga mendapatkan uang pembinaan. Namun mereka diminta untuk aktif azan di minimal waktu magrib dan subuh.

“Ini agar ada regenerasi, agar yang memakmurkan masjid bukan hanya orang yang sudah sepu saja tetapi seluruh usia dari tua, remaja termasuk juga anak-anak,” terang Rif’at. (yat)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses