Cegat 19 Warga Bangladesh

Cegat 19 Warga Bangladesh
FOTO ARIF/PALEMBANG POS Sebanyaj 19 orang warga negara asing (WNA) asal Bangladesh yang dicegat dalam perjalanan menuju Medan, kemarin (16/12).
Posted by:

LAHAT – Mendapat informasi ada warga negara asing (WNA) mampir di salah satu rumah makan di Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (15/12), anggota Polres Lahat dan Polsek Merapi, langsung bergerak.

Hasilnya, 19 orang WNA asal Bangladesh sedang beristirahat di rumah makan itu. Belasan WNA itu pun langsung di data dan diminta dokumen masing-masing. “Ada 19 orang, semuanya hanya bisa menggunakan bahasa negara mereka (Bengali),” kata Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka SIk, melalui Kasubag Humas AKP Djoko Suyoto SH.

Hanya saja, saat diperiksa, semua warga Bangladesh ini memiliki paspor. Meski tidak diketahui maksud dan tujuan mereka datang ke Indonesia. Pasalnya, tak satu pun yang bisa mengerti bahasa Indonesia atau pun Inggris, membuat petugas mengalami kesulitan berkomunikasi.

Namun dari keterangan sopir bus PT Antar Lintas Sumatera (ALS), yang ditumpangi warga Bangladesh ini, 19 penumpangnya itu numpang bus dari Jakarta tujuan Medan, Sumut. Bahasa yang digunakan juga membuat sopir bus tidak mengetahui maksud mereka ke Medan. “Dokumen keimigrasian mereka lengkap, tapi apa tujuan mereka ke Medan itu yang belum kami ketahui, karena mereka hanya bisa bahasa Bengali saja,” jelas Djoko.

Setelah didata identitas dan dokumen yang dimiliki, Polres Lahat menyerahkan belasan WNA ini ke Kantor Imigrasi Muara Enim. “Langsung kami serahkan ke Kantor Imigrasi Muara Enim, proses selanjutnya bagaimana, itu urusan Imigrasi. Tapi secara dokumen, WNA ini, lengkap,” tutup Djoko. (rif)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses