Cek Kondisi Terkini Aktifitas Gunung Dempo

Cek Kondisi Terkini Aktifitas Gunung Dempo
Wako Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes saat mengecek aktifitas Gunung Dempo di Pos Pemantau, Rabu (19/4). Foto vhn Palembang Pos

PAGARALAM – Usai menghadiri Penyuluhan Terpadu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Pagaralam tahun 2017 di Puskesbun PTPN VII, kelurahan Gunung Dempo, kecamatan Pagaralam Selatan, Rabu (19/4), Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati MKes berkenan menyambangi Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, berada tak jauh dari Puskesbun PTPN VII.
“Meski kondisi GAD sepekan terakhir tercatat kegempaan mengalami penurunan signifikan, namun status Gunung Api
Dempo yang masih ‘Waspada’, tentunya warga yang masuk di zona bahaya untuk selalu waspada bilamana kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Hal-hal penting lainnya menyiapkan jalur evakuasi,” imbau Wako Ida sembari mengecek kondisi kekinian aktivitas gunung api Dempo yang terekam pada alat seismograf di pos pemantau.

Selanjutnya, Wako Ida, didampingi Asisten I, Saidi Amrullah, Kabag Umum dan Protokol, Dedi Fachrizal, Camat Pagaralam Selatan, M Helmi, serta beberapa orang perwakilan mahasiswa Universitas Gajah Mada Jogyakarta yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Kota Pagaralam, berdialog singkat dengan petugas-petugas di Pos Pemantau GAD. Setiap hari, diakui Mulyadi, pihaknya terus melaporkan hasil rekaman terkini alat seismograf ke PVMBG Bandung untuk dianalisis, apakah stasus dinaikkan atau diturunkan kembali ke status aktif normal, atau level I. “Kita setiap hari pasti laporan ke Bandung,” ungkapnya seraya mengatakan ada 127 Gunung Aktif tersebar di Indonesia dalam lingkar cincin api (ring of fire) Pasifik.

“Pos Pemantauan Gunung Api Dempo tetap siaga mengintensifkan pengawasan terhadap kemungkinan apa saja yang bisa terjadi, terutama jika terjadi letusan sewaktu-waktu terhadap gunung Dempo,” terang Mulyadi, Ketua Pos Pengamatan GAD ketika berbincang di ruang kendali pos pengamatan GAD. Untuk diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) atau Centre of Volcanology and Geological Hazard Mitigation, adalah salahsatu unit di lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Tugasnya adalah melaksanakan perumusan kebijaksanaan, standardisasi, bimbingan teknis dan evaluasi bidang vulkanologi dan mitigasi bencana alam geologi. “PVMBG bertujuan mengelola informasi potensi kegunungapian dan pengelolaan mitigasi bencana alam geologi, sedangkan misi yang diemban adalah meminimalkan korban jiwa manusia dan kerugian harta benda dari bencana geologi,” jelas Mulyadi. (vhn)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply