Cetak 300 Hektar Sawah Baru

Cetak 300 Hektar Sawah Baru
Posted by:

Muaradua, Palembang Pos,-
Tahun ini, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, mencanangkan program percetakan sawah baru. Tak tanggung-tanggung, total lahan yang disiapkan mencapai 300 hektare.
Hal ini dilakukan guna menyikapi menyusutnya jumlah areal persawahan setiap tahunnya, sebagai akibat konversi lahan menjadi perkebunan dan perumahan.
“Lahan yang kita kaji untuk persiapan percetakan, mencapai 300 hektare tersebar sejumlah kecamatan,” tutur Ir Asep Sudarno, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura Kabupaten OKU Selatan.
Adapun luas lahan yang dicanangkan percetakan sawah baru, hingga 2015 mendatang, terdapat di Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) seluas 80 hektare, di Desa Simpang Pancur Kecamatan  Pulau Beringin 50 hektare.
Juga  di Kecamatan Kisam Tinggi seluas 50 hektare dan beberapa kecamatan lain seperti Buay Sandang Aji seluas 27 hektare,  Tigadihaji  sewkitar 10 hektar dan lainnya.
Sementara, pendanaan percetakan sawah baru, akan diajukan pada Kementrian Pertanian. Diharapkan, 2015 mendatang, realisasi percetakan sawah baru bisa rampung.
Untuk merealisasikan itu, Pemkab OKU Selatan akan memanfaatkan ratusan hektare lahan tidur yang belum termanfaatkan. Saat ini, luas persawahan di OKU Selatan berkisar 17.600 hektare lebih.  (cr07)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses