Dalam Tekanan [Prancis vs Rumania]

Dalam Tekanan [Prancis vs Rumania]
Olivier Giroud.
Posted by:

PARIS – Genderang pesta sepakbola terakbar Eropa, akan ditabuh akhir pekan ini. Laga pembuka antara tuan rumah Prancis melawan Rumania, bakal menandai digelarnya Euro 2016, di Stade de France, Sabtu (11/6) dini hari (live RCTI pukul 02.00 WIB).

Tak akan ada yang lebih sulit daripada laga pertama di depan pendukung sendiri. Hal itu tampaknya disadari betul oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps, yang dalam beberapa hari terakhir menegaskan pentingnya kemenangan di laga perdana ini. “Tampil perdana sebagai tuan rumah, bisa menguntungkan, tapi ada juga tekanan,” celoteh Deschamps.

Tanpa keberadaan Karim Benzema yang tak dipanggil, nama Olivier Giroud akan menjadi andalan utama, untuk memimpin serangan Les Bleus. Dia akan didukung oleh Antoine Griezmann di kanan, dan Dimitri Payet di sisi kiri. Sementara tiga gelandang tangguh akan disiapkan untuk menguasai lini tengah, yakni N’Golo Kante, Blaise Matuidi, dan Paul Pogba.

Di lini belakang, absennya Raphael Varane membuat Deschamps tak ada pilihan lain, selain memaksimalkan Adil Rami. Bek Sevilla tersebut tampil bagus di laga uji coba terakhir melawan Skotlandia, dan semakin solid berduet dengan Laurent Koscielny untuk melindungi kiper Hugo Lloris.

Tidak dapat dipungkiri, tekanan hebat dari pendukung Timnas Prancis yang mengaku kecewa dengan penampilan Paul Pogba, karena tak kunjung mencetak gol selama pertandingan persahabatan yang digelar. Dari empat pertandingan, tak satu pun gol yang tercipta dari kaki pemain Juventus tersebut.

Tidak ingin anak asuhnya menjadi bulan-bulanan pendukung Timnas Prancis, sang pelatih Didier Deschamps buru-buru pasang badan. Pelatih asli Prancis tersebut mengatakan bahwa Pogba memiliki tugas yang lebih penting dari sekadar mencetak gol.

“Saya senang dengan Pogba. Orang-orang berharap dirinya mampu mencetak hattrick, dan menghibur dengan kemampuannya. Tapi ia adalah seorang gelandang. Ia bisa mencetak gol, tapi ia memiliki tugas yang lebih penting,” jelas Deschamps, seperti dikutip dari Soccerway.
“Ia memiliki kualitas teknik yang luar biasa, tapi dia tidak ada untuk melakukan hal-hal gila setiap kali ia menyentuh bola. Dia harus menemukan keseimbangan yang tepat. Dia tahu bahwa tim kadang-kadang membutuhkan dia dalam sedikit peran yang lebih netral. Dia dapat berguna dan efisien dalam peran tersebut,” lanjutnya.

Dari kubu Rumania, pasukan arahan Anghel Iordanescu jelas ingin melanjutkan momen bagus saat mereka lolos dari kualifikasi. Mereka menempati posisi kedua di bawah Irlandia Utara di Grup F dengan catatan lima kemenangan, lima seri dan tak pernah kalah. Bukan itu saja, salah satu kekuatan utama mereka adalah di pertahanan, di mana mereka hanya kebobolan dua gol selama kualifikasi. (kie/dbs)

Perkiraan Pemain:
Prancis (4-2-3-1): Lloris, Sagna, Rami, Koscielny, Evra, Pogba, Kante, Matuidi, Coman, Payet, Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps
Rumania (4-4-2): Tatarusanu, Sapunaru, Chiriches, Grigore, Rat, Pintilii, Hoban, Torje, Stanciu, Stancu, Andone.
Pelatih: Anghel Iordanescu

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses