Dampak Banjir Jakarta Terhadap AKAP-AKDP (3)

Dampak Banjir Jakarta Terhadap AKAP-AKDP (3)
Posted by:

Omset Menurun Hingga 20 Persen

Bus antar kota antar propinsi (AKAP) PO Harum Sari juga terkena imbas dampak banjir di Jakarta. Jumlah penumpang juga mengalami penurunan drastis dibandingkan hari biasa, sebelum cuaca ekstrem terjadi.

Jhon-Palembang

Bus AKAP PO Harum Sari,  yang berlokasi di kawasan KM 9 tepat di seberang Asrama Haji Palembang kemarin tidak terlalu ramai penumpang. Meski, banjir di Jakarta sudah berangsur-angsur surut, namun masih banyak yang enggan bepergian sehingga berpengaruh pada jumlah penumpang.

Teteh Sunani, pengelola AKAP PO Harum Sari mengeluhkan kondisi penumpangnya yang berkurang akibat kondisi banjir di kawasan Jakarta dan sebagian pulau Jawa.
Menurutnya, biasanya setiap hari setidaknya ada empat sampai lima unit armada yang diturunkan untuk memberangkatkan penumpang. Namun dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti ini, hanya dua atau tiga unit bus saja yang mangkal di pool.
“Sebagian kendaraan lain banyak yang di Jakarta. Selama kondisi hujan dan banjir yang tidak menentu di ibukota serta ombak di laut penyebrangan Bakauheni dan Merak tentu minat penumpang sangat minim,” terangnya.
Sejak ancaman cuaca ekstrem beberapa minggu belakang hingga kini, omset pendapatan dari agen travel miliknya juga mengalami penurunan cukup drastis sekitar 15-20 persen dari pendapatan sebelumnya dalam kondisi normal.
“Untuk jumlah penumpang perhari biasanya kita dapat cukup banyak di atas 100 orang yang melakukan pemesanan keberangkatan, apalagi momentum di akhir dan awal tahun serta agenda libur panjang kemarin. Namun karena kondisi cuaca yang cukup ektrim cukup mengganggu pendapatan kita,” cetusnya.
Nani berharap, cuaca dapat kembali membaik sehingga tidak mengganggu pendapatan mereka. “Kalau cuaca seperti sekarang ini, masyarakat khawatir potensi ancaman kecelakaan kendaraan akibat jarak pandang dan jalan yang rusak. Kami dari pengusaha jasa bus AKAP berharap semoga semua bisa cepat kembali normal,” tutupnya. (*)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses