Dasar Negara Pancasila Bintang Pemandu Bangsa

Dasar Negara Pancasila Bintang Pemandu Bangsa
Posted by:

MUARA ENIM – Pancasila sudah menjadi pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahjun. Itu ditandai dengan Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak idioligi lain yang berusaha menggesernya.
Penegasan itu disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar, pada upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2018 berlangsung di halaman Pemkab Muara Enim.
“Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber bhineka tunggal ika, insya Allah sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Muzakir saat membacanakan amanat tersebut.
Menurutnya, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila, lanjutnya, berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
“Rangkaian proses besar itu harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita fahami rohnya adalah tugas dan tanggungjawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan fikiran kita,” jelasnya.
Dia juga mengajak sebagai bangsa yang majemuk terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1,100 bahasa local yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan bangsa dan bernegara. (luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses