Desain Tas Songket, Ingin Populerkan Kain Palembang

Desain Tas Songket, Ingin Populerkan Kain Palembang
Selviana Harnojoyo menunjukkan tas hasil desainnya yang dibuat dari bahan kain khas Palembang dan dikombinasikan dengan kulit. Foto : rika/Palembang pos
Posted by:

PALEMBANG- Kecintaannya pada kain tradisional Palembang, menginspirasi istri Wali Kota Palembang ini, Selviana Harnojoyo untuk mendesain tas khusus dari bahan kain khas Palembang. Saat ini, Ketua Penggerak PKK Kota Palembang tersebut sudah berhasil mendesain puluhan tas dari bahan songket, jumputan dan blongket.
Kepada Palembang Pos, wanita kelahiran 2 September 1969 ini mengatakan, ide awal pembuatan tas bahan kain Palembang ini, karena melihat banyaknya tas dari bahan kain lain dari luar Palembang seperti batik yang cukup banyak diminati.
“Saya pikir, Palembang kan juga punya kain yang sudah dikenal juga seperti songket. Ada juga jumputan dan terbaru blongket yakni paduan antara kain blongsong dan songket. Selama ini kan banyak dipakai untuk kain dan selendang saja. Kalau dibuat menjadi tas, pasti akan lebih cantik lagi,” ungkap ibu tiga anak ini.
Selain itu, lanjut Selvi, saat hendak bepergian, dia bingung mencari tas yang ethnic tapi kelihatan modern. “Akhirnya saya putuskan untuk desain tas sendiri. Dengan bahan songket lalu saya kombinasikan dengan bahan berkualitas lain seperti kulit buaya,” bebernya.
Ditanya mengenai inpirasi mendesain, Selvi begitu mengatakan, ide itu muncul tiba-tiba. “Ya, kalau lagi mood mendesain saya langsung gambar. Memang, kesulitan untuk membuat tas ini, yakni mencocokan bahannya dengan motif kainnya. Tapi itu harus dilakukan, agar hasilnya sempurna,” katanya.
Selvi memberikan nama Sriwijaya Ethnic Harvi Collection, untuk tas hasil desainnya tersebut. “Nama ini sesuai dengan nama Harnojoyo dan saya sendiri. Bapak (Harnojoyo) juga kaget saat saya mengeluarkan tas saat mengikuti fashion week beberapa waktu lalu. Koleksi desain tas saya ini, juga pernah dibawa ke pameran di Dubai dan baru-baru ini mengikuti Inacfraft di Jakarta. Alhamdulillah, banyak yang tertarik,” bebernya.
 Meski masih skala kecil, namun Selvi berharap, desain tas ini bisa menginspirasi warga Palembang khususnya, untuk mencintai produk dalam negeri. “Siapa lagi yang bisa mempopulerkan kain tradisional khas Palembang, kalau bukan kita sendiri. Keinginan saya nanti buka gerai tas sendiri, tapi nanti kalau koleksi tasnya sudah banyak,” pungkasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses