Desak Pemkot Cabut IMB

Desak Pemkot Cabut IMB
Posted by:

##Terkait Bangunan Hotel Ibis
PALEMBANG – Adanya dugaan pelanggaran pengurusan perizinan pembangunan Hotel Ibis milik PT Indo Citra Mulia (ICM), kuasa hukum PT Sebangun Bumi Andalas (SBA) melayangkan surat kepada Pjs Walikota Palembang Dr H Ahmad Najib SH MHum.
Melalui kuasa hukum Mulyadi SH MH, PT SBA meminta Pemkot Palembang agar mengambil langkah tegas dengan mencabut IMB Hotel Ibis yang dikeluarkan Dinas BPM-PTSP tertanggal 21 November 2016.
“Sekaligus membongkar bangunan Hotel Ibis yang sampai saat ini belun selesai karena banyaknya temuan pelanggaran perizinan yang dilakukan,” kata Mulyadi, Minggu (13/05/18).
Diakui Mulyadi, pihaknya sebetulnya sudah pernah melayangkan surat permohonan tersebut kepada Walikota Palembang (nonaktif) H Harnojoyo Ssos. Namun hingga kini tak kunjung direspons.
Dijelaskan Mulyadi, dugaan pelanggaran dalam proses pembangunan Hotel Ibis ini menyebakan kerusakan pada lahan serta bangunan milik PT SBA yang bersebelahan langsung dengan pembangunan hotel tersebut.
Masih dikatakan Mulyadi, pelanggaran yang dimaksud adalah longsor tanah yang mengakibatkan pagar tembok PT SBA miring, sehingga harus dirobohkan supaya tidak menimpa pekerja bangunan PT ICM.
‘’Sudah beberapa kali terjadi penurunan struktur level tanah milik PT SBA yang sampai saat ini belum ada itikad baik dari pihak pemilik maupun kontraktor proyek untuk penanggulangan yang tuntas dan menyeluruh,’’ kata Mulyadi.
Dijelaskan, PT ICM telah memasukkan ground anchor tembus masuk ke tanah milik PT SBA sepanjang lebih kurang 20 meter. Pemasang tersebut tanpa persetujuan pihak PT SBA dan tetangga.
‘’Ground anchor dilakukan sebanyak 7 titik (dibagian samping), 10 titik di bagian belakang, dan 20 titik pada fasilitas umum di Jalan Rupit. Selain itu, jarak samping kanan bangunan hotel yang berbatasan dengan bangunan PT SBA diduga tidak sesuai dengan ijin tetangga, yaitu hanya 0,5 meter,” jelasnya.
Mulyadi berharap Pjs Walikota Palembang dapat mengabulkan permohonan yang diajukan PT SBA untuk mencabut IMB PT ICM. “Dengan begitu Pemkot Palembang telah menunjukkan integritasnya dalam menegakkan peraturan bagi investor dan seluruh masyarakat yang adil dan merata dalam mewujudkan visi menjadikan Palembang Emas 2018,” imbuh Mulyadi.
Sementara, masih terkait pengusutan kasus ini dengan tersangka Gunawati Pandarmi yang masih tahap P.19, penyidik unit Pidsus Polresta Palembang hari ini, Senin (14/05), memanggil dinas terkait yang mengeluarkan izin. Yakni Dinas Tata Kota, Dinas Perhubungan dan KPPT Kota Palembang terkait atas dikeluarkannya Advice Planning.
Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Palembang, Amiruddin Sandi mengatakan, sampai saat ini Pemkot Palembang belum menerima surat tersebut. “Kita belum terima suratnya. Nanti, kalau suratnya sudah masuk baru bisa kami menindaklanjuti,” pungkasnya. (cw06)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses