Desak Pilkades Ketiau Diulang

Desak Pilkades Ketiau Diulang
Puluhan warga Ketiau dikawal ketat petugas ketika melakukan aksi demo di Kantor Pemkab OI. Foto din/Palembang Pos
Posted by:

Warga Demo ke Pemkab OI

INDERALAYA – Sekitar 50 warga dari Desa Ketiau Kecamatan Lubuk Keliat melakukan aksi demo ke Pemkab Ogan Ilir (OI), Senin (19/12). Warga mendesak bupati tidak melantik kades Ketiau terpilih karena menyisahkan perselisihan dan segera melakukan pilkades ulang.
     
 Puluhan warga ini datang menumpang 2 buah truk dan langsung menuju kantor Bupati OI. Tiba di halaman Pemkab tersebut, warga langsung berorasi dibawa kawalan ketat aparat kepolisian dan petugas Pol PP.
     
Karena tidak ada pejabat Pemkab OI yang menanggapi secara langsung, maka dilakukan negoisasi. Akhirnya 10 perwakilan warga dipimpin kuasa hukum Latif Hasyim diterima Asisten I Pemkab OI  Wilson Efendi, didampingi Kapolsek Tanjung Batu AkP Masri, Kasat Pol PP Ahmad Fauzi di ruang sekda.


Dalam pertemuan itu, Latif Hasyim menjelaskan bila pelaksanaan Pilkades Ketiau awal Oktober 2016 lalu telah terjadi kecurangan. “Saya tidak mendukung calon yang kades yang harus dilantik, tapi justru mempersoalkan pelaksanaan pilkades itu terjadi kecurangan,” ujar Latif.
     
Dari hasil pemantauan dan keterangan panitia, jumlah DPT tercatat 3.607 orang ditambah DPT tambahan 39 sehingga totalnya 3.646 orang. Sedangkan jumlah pemilih yang hadir hanya 2.049. Tapi begitu usai pemilihan dan dilakukan penghitungan suara terdapat kelebihan 9 surat suara dalam tabung.

“Inilah yang memicu terjadinya permasalahan sehingga perlu dituntaskan,” katanya.

Dari perselisihan ini, lanjut Latif, akhirnya dilakukan rapat ditingkat desa hingga kecamatan yang dihadiri pihak terkait dan petugas kepolisian. Salah satu hasil keputusannya, Pilkades Ketiau sepakat diulang. Namun ketika hasil rapat itu dibawa ke tingkat kabupaten, berkembang isu bila bupati akan melantik kades terpilih.

“Kita sempat terkejut, tiba-tiba pak bupati akan melantik Kades Ketiau terpilih, padahal masih ada perselisihan,” katanya, seraya minta kepada Asisten I agar benar-benar aspirasi warga ini disampaikan pada bupati.

Menanggapi desakan warga, Asisten I Pemkab OI Wilson Efendi berjanji akan menyampaikan aspirasi ini. “Yang jelas saya akan kabari bila aspirasi warga Ketiau ini sudah saya sampaikan pada pak bupati,” janji Wilson. (din)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses