Dewan Desak KPU Sumsel

Dewan Desak KPU Sumsel
Posted by:

*Jadikan RSUD Prabumulih Rujukan Tes Kes

Prabumulih, Palembang Pos.-
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih, agar dapat menunjuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih menjadi rujukan untuk tes kesehatan bakal calon legislatif (bacaleg).
Hal itu terungkap dalam pertemuan terbatas, antara anggota Komisi I DPRD Prabumulih dengan Komisioner KPU Kota Prabumulih dan Drektur RSUD Prabumulih, bertempat diruang kerja Komisi I DPRD Prabumulih, Senin (09/7/18).
Anggota Komisi I DPRD Prabumulih, Ir Heriyanto mengatakan, pihaknya sengaja mendesak KPU Prabumulih agar RSUD Prabumulih menjadi rujukan tes kesehatan bagi bacaleg lantaran fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliki RSUD Prabumulih sudah cukup lengkap.
“SDM (tenaga medis, red) kita ada, fasilitas kita lengkap dan yang pasti untuk mempermudah bagi bacaleg ubtuk menjalani tes kesehatan karena ditempat tempat lain pasti padat karena banyaknya bacaleg yang menjalani tes kesehatan,” ujar Heriyanto, ketika dibincangi usai mengikuti jalannya pertemuan.
Lebih lanjut Heriyanto mengatakan, pihaknya juga mendesak pihak rumah untuk segera menjalin kerjasama dengan himpunan psikologi (HIMPSI). “Dikatakan pihak KPU, rumah sakit yang menjadi rujukan harus bekerja sama dengan HIMPSI makanya kita minta rumah sakit segera berkoordinasi,” ucapnya.
Sementara, Komisioner KPU Prabumulih Divisi Hukum, Sirodjudin SH didampingi Devisi Teknis, Wawan Irawan membenarkan, bahwa RSUD Prabumulih tidak menjadi rujukan bagi bacaleg untuk menjalani tes kesehatan. “Penujukan itu langsung dari pusat, rumah sakit kita tidak termasuk dalam daftar yang ditunjuk,” ungkap Sirodjudin.
Kendati demikian kata Sirodjudin, RSUD Prabumulih dapat menjadi rujukan apabila memenuhi syarat. Terpisah, Direktur RSUD Prabumulih, dr Ukhtiwiyah mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan HIMPSi agar RSUD Prabumulih dapat menjadi rujukan tes kesehatan bagi bacaleg.
“Kami mau koordinasi lalu membuat MOU,” kata direktur RSUD ketika dikonfirmasi usai mengikuti rapat diruang komisi I DPRD Prabumulih, kemarin.
Dijelaskan Ukhtiwiyah, fasilitas, sarana dan prasarana serta SDM yang dimiliki RSUD yang ia pimpin sudah cukup memadai dibandingkan beberapa rumah sakit yang telah ditunjuk KPU sebagai rujukan tes kesehatan bacaleg. “SDM sebenarnya sudah ada, cuma mungkin KPU tidak terdata. Psikolog kita ada perdanyapun ada dan sudah melayani,” pungkasnya. (abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses