Dewan Rekomendasikan Buka Ulang Surat Undangan

Dewan Rekomendasikan Buka Ulang Surat Undangan
A.A Hari Afriansyah
Posted by:

BANYUASIN- DPRD Kabupaten Banyuasin merekomendasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Tebing Abang, Kecamatan Rantau Bayur, Banyuasin untuk dihitung ulang surat undangan yang diduga adanya pengelembungan jumlah mata pilih.

Berdasarkan surat rekomendasi DPRD Banyuasin Nomor : 170/1503/DPRD/2017. Tanggal 19 Desember 2017, tentang hasil rapat Komisi I DPRD Banyuasin tentang Pilkades Tebing Abang Meminta kepada Bupati Banyuasin untuk merespon permasalahan dalam proses Pilkades Desa Tebing Abang.

A.A Hari Afriansyah Sekretaris Komisi I, mengatakan dalam surat rekomendasi tersebut, DPRD, meminta Kepada Bupati Banyuasin untuk tidak menindaklanjuti Pilkades sebelum permasalahan diselesaikan. Terhadap Panitia Pilkades disetiap tingkat untuk melaksanakan proses Pilkades sesuai dengan aturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 1 tahun 2015 tentang tata cara Pemilihan Kepala Desa sebagai telah diubah dengan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuasin Nomor 3 tentang tata Cara Pilkades.

“ Ya tujuanya kami meminta kepada panitia Pilkades Kabupaten menghormati hasil keputusan DPRD Banyuasin, untuk menjadwalkan penghitungan ulang surat undangan,” Jelas Politisi Demokrat itu.
Dari hasil rapat antara pelapor dan terlapor dan beberapa bukti petunjuk, disinyalir adanya pengelembungan jumlah surat undangan, maka dari itu untuk menjaga kondusifitas dan netralisasi, DPRD meminta dilakukanya penghitungan ulang surat undangan.

Terpisah Calon Kepala Desa Tebing Abang, Syahrul Ramadhoni mengungkapkan, kuat dugaan adanya pengelembungan surat undangan. “Kami calon Kepala Desa dan Panitia sepakat pada pukul 1.00 Wib melakukan penutupan penerimaan undangan kepada pemilih. Pada jam tersebut disimpulkan ada 257 orang pemilih dari 4 bilik suara, namun setelah hasil penghitungan suara, jumlah undangan pemilih menjadi 341, artinya ada skenario pengelembungan surat undangan,” Tegasnya.

Lebih Lanjut dia mengatakan meminta kepada Bupati Banyuasin untuk segera merespon apa yang sudah menjadi rekomendasi DPRD Banyuasin. “Kami meminta Pemkab segera menjalankan hasil rekomendasi DPRD, jika rekomendasi tersebut tidak dijalankan, kami akan melanjutkan persoalan ini ke jenjang lebih tinggi,” Tegasnya (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses