Dewan Tekankan Pengendalian Harga Bahan Pokok

Dewan Tekankan Pengendalian Harga Bahan Pokok
Posted by:

PALEMBANG – Kenaikan kebutuhan pokok menjelang Ramadan biasa terjadi di pasaran. Terkait hal ini, DPRD Palembang menekankan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) benar-benar melakukan pengawasan ketat dan pengendalian menyeluruh terhadap harga dan stok kebutuhan pokok tersebut.

Sekretaris Komisi II DPRD Palembang, Chandra Darmawan, ditemui Selasa (31/5) mengatakan, yang jadi persoalan dan banyak dikeluhkan warga terutama ibu-ibu rumah tangga adalah harga kebutuhan pokok yang melambung.”Dengan kondisi ini, kita meminta agar Disperindagkop turun ke lapangan khususnya Pasar Tradisional untuk menjaga harga kebutuhan pokok jangan sampai melambung melebihi harga pasar,” tandas Chandra.

Untuk mencegah itu lanjut Chandra, salah satu yang bisa dilakukan memastikan keseimbangan antara stok dan kebutuhan. “Jika ini tidak bisa diatasi, maka harga kebutuhan pokok akan melambung tanpa terkendali,” ujarnya.Artinya langkah selanjutnya sambung politisi asal Partai Bulan Bintang (PBB), pemerintah harus bisa memastikan stok kebutuhan pokok seperti daging, telur, gula dan rempah-rempah seperti bawang terpenuhi.”Jadi stok dan demand (permintaan) seimbang,” ucapnya. Agar terjadi keseimbangan masih kata Chandra, maka pemerintah harus melakukan pengawasan tak hanya di pedagang tapi lebih ke agen dan distributor.

“Jangan sampai juga terjadi kejahatan ekonomi klasik yakni penimbunan bahan pokok yang dilakukan spekulan sehingga kebutuhan pokok langka di pasaran. Ini (pengawasan harga dan stok, Red) penting agar masyarakat khususnya umat muslim dapat tenang dan lancar menjalankan ibadah puasa tanpa dibebani harga kebutuhan pokok yang melambung,” tutup Chandra.(rob)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses