Diduga Akibat Pencemaran Limbah

Diduga Akibat Pencemaran Limbah
Posted by:

 

 

 

*Ratusan Ikan Mati Mendadak

 

BANYUASIN – Warga Desa Talang Buluh, Kecamatan Talang, Banyuasin dihebohkan banyaknya ikan mati mendadak di sungai Desa tersebut, dugaan sementara matinya berbagai jenis ikan tersebut akibat pencemaran limbah pabrik.

Informasi dihimpun, peristiwa banyaknya ikan mati tersebut terjadi sejak tiga hingga Rabu (12/9/18), akibat air sungai berubah menjadi hitam pekat dan beraroma busuk.

“ Ya, kak, kejadian ikan mati atau mabuk ini sejak tiga hari lalu, bahkan puluhan warga setempat berbondong-bondong menelusuri pinggiran sungai untuk mengambil ikan yang sudah mati tersebut,” ungkap Surya Aruli warga setempat.

Lanjut dia, Matinya ikan ini diduga akibat limbah pabrik, menyebabkan air sungai berubah menjadi hitam pekat dan aroma busuk.“Kata warga ada pabrik pembuatan mie basah di daerah Tanjung Sari, yang tidak jauh dari lokasi penangkaran buaya,” Kata pria bertubuh tambun ini.

Sementara itu Aldo warga yang sedang mencari ikan, mengatakan, pencarian ikan sejak tiga hari lalu di pinggiran sungai dan di sela rerumputan.“Banyak mas ikannya, kemarin aku bae dapat seember ikan mati. Itupun ikannyo berbagai jenis, mulai dari ikan sungai dan ikan rawah. Bau airnya busuk mas dan berwarna hitam. Kata orang – orang di sini akibat pencemaran limbah Pabrik pembuatan mie, karena muara sungai ini berada di lokasi pabrik di Tanjung Sari,” timpal dia.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin Syahril A Rachman, melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Abas Kurpi, mengatakan, pihaknya akan segera cross check ke lokasi banyak ikan mati mendadak di Desa Talang Buluh.

“Informasi ini akan segera kami tindak lanjuti. Insyaallah tim akan turun ke lokasi untuk mengecek sampel baku mutu air, dan mencari sumber penyebab ikan mati mendadak tersebut,” singkat dia.  (cw04)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses