Diduga Curi Sapi, Warga Kertapati Babak Belur

Diduga Curi Sapi, Warga Kertapati Babak Belur
Mustar saat diamankan dipolsek Pangkalan Balai. Foto: Heri/Palembang Pos
Posted by:

BANYUASIN-Mustar (63) dan Samsudin alias Heri (53) yang merupakan warga Kertapati Palembang, babak belur dihajar massa, Minggu (18/12) sekitar pukul 18.45 WIB. Kedua sekawan ini dihajar sampai babak belur oleh warga karena diduga mencuri sapi Kusmana (46), warga Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III.

Dari Informasi yang berhasil dihimpun, ditangkapnya kedua pelaku tersebut bermula dari pengintaian warga yang sedang mencari hewan ternak (sapi) milik Kusmana (korban) yang hilang pada Sabtu (17/12) malam lalu.

Awal kejadianya pada Sabtu (17/12) malam, Kusmana (korban) kehilangan sapinya. Kusmana dibantu oleh warga bahu membahu mencari sapi miliknya yang hilang tersebut. Dari hasil pencarian tersebut ditemukan titik terang yaitu sapi yang hilang tersebut sedang terikat di pohon karet yang lokasinya tak jauh dari Villa Jasmin Jalan Lingkar.

Berdasarkan informasi itu, warga yang jumlahnya puluhan orang ini bergegas menuju lokasi, untuk memancing siapa yang melakukan pencurian tersebut, warga berinisatif melakukan pengintaian.

Alhasil, dari pengintaian warga tersebut, kedua pelaku diduga hendak memindahkan sapi hasil curian. Melihat hal itu warga langsung memergok kedua pelaku tersebut, namun ketika hendak ditangkap, kedua pelaku mencoba melarikan diri. Tapi Apesnya, langkah kedua pelaku terhenti lantaran warga berhasil mengepung keduanya. Naasnya lagi, warga yang geram atas ulah pelaku tanpa pikir panjang langsung menghujamkan pukulan kemuka kedua pelaku hingga babak belur.

Kedua pelaku pun diserahkan ke Polsek Pangkalan Balai untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut. “Mulanya kami melakukan pengintaian, bertemu dengan kedua pelaku di jalan yang lokasinya tak jauh dari sapi yang diikat pencuri tersebut. Sempat kami bertanya kepada kedua pelaku, mau kemana malam-malam ini, namun keduanya langsung kabur,” kata salah satu warga yang mengantar, kedua pelaku ke Polsek Pangkalan Balai, kemarin.

Melihat pelaku kabur, warga lagsung mengejar dan menangkap kedua pelaku. “Logikanya kalau mereka tidak mencuri kenapa harus kabur. Kalau kabur pastinya mereka inilah yang mencuri, apalagi muka mereka ini asing bagi kami,” timpal dia.

Sementara, Mustar (63) terduga pelaku, mengelak bahwa dia telah melakukan pencurian sapi yang dituduhkan warga kepada dia. “Saya pulang dari kerja pak, tiba-tiba bertemu warga dan kami langsung dipukuli. Saya tidak nian mencuri sapi itu pak, karena kami jauh dari sapi itu,” ujar dia.

Terpisah Kaposek Pangkalan Balai IPTU M Bayu Agustian Sik melalui Kanit Reskrim Aipda Donnie Oktariansyah membenarkan adanya penangkapan kedua pelaku yang diserahkan oleh warga Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III. “Benar, keduanya dari keterangan kost di daerah simpang kedondong Kecamatan Banyuasin III, untuk itu akan dilakukan penyelidukan lebih lanjut. Sementara  belum bisa memastikan untuk menyebut pelaku sebagai tersangka pencurian sapi. Sebab, sampai saat ini kedua terduga pelaku belum mengakui perbuatanya. Saat ini kami masih mengumpulkan sejumlah barang bukti untuk menguatkan bahwa pelaku bersalah,” katanya. (her)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses