Diganjar 5 Tahun, Pemilik Sepaket Sabu Telesu

Diganjar 5 Tahun, Pemilik Sepaket Sabu Telesu
Terdakwa Riduan saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang, Kamis (28/7). Foto: Poetra Palembang Pos
Posted by:

RIVAI – Divonis penjara lima tahun membuat Riduan (27) lemas. Di hadapan majelis hakim yang diketuai Subur Susatyo SH MH Kamis (28/7), terdakwa pemilik sepaket sabu itu langsung menundukkan kepala di kursi pesakitan ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Klas IA khusus, Palembang.

Ekspresi lemas juga terlihat dari tatapan mata warga IT II Palembang tersebut. Sorot matanya terlihat sayu sembari menatap ke arah hakim yang baru saja usai membacakan vonis. Padahal, sebelum vonis dibacakan, Riduan terlihat tenang dan tidak pernah menundukkan kepalanya.
“Saya masih pikiri-pikir, pak hakim. Beri waktu untuk kordinasi dengan keluarga,” kata Riduan. Dalam putusannya, Subur menjerat Riduan dengan pasal 114 ayat 1 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Menurut hakim, dari keterangan saksi dan bukti di persidangan, Riduan terbukti memiliki satu paket sabu yang didapat aparat kepolisian dari tangannya. Karena tidak memiliki izin untuk memiliki benda tersebut, Riduan dinyatakan bersalah.

Selain vonis penjara lima tahun, Subur juga mewajibkan Riduan membayar denda Rp 1 miliar. Apabila tidak bisa membayar atau tidak memiliki harta benda dengan nilai uang tersebut, Riduan bisa menggantinya dengan penjara selama empat bulan.

Vonis majelis hakim sama dengan yang dituntut jaksa, Gunawan SH. Pada sidang tuntutan, jaksa dari Kejari Palembang itu menuntut Riduan dipenjara lima tahun.  Sebab itu, Gunawan menyatakan menerima vonis terhadap Riduan.

Fakta persidangan, terdakwa menjadi perantara dalam jual beli narkotika dimana saat tertangkap ditemukan tujuh paket sebuk kristal yang merupakan sabu dengan berat 0,394 gram. Berawal dari terdakwa yang sedang main PS di rumah Nia (DPO) datang anggota kepolisian yang menyamar sebagai pembeli. Saat akan meyerahkan sabu terdakwa langsung ditangkap.(vot)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses