Dijebak Polisi, Penjual Senpi Rakitan Diringkus

Dijebak Polisi, Penjual Senpi Rakitan Diringkus
Juanda, pelaku pemilik senjata api illegal saat diamankan di Mapolres Muara Enim, Selasa (20/9). Foto: Lukman Palembang Pos
Posted by:

MUARA ENIM – Juanda (52), warga Pulo Panggung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, ditangkap saat mencoba menjual senjata api rakitan. Senpi rakitan itu hendak dijual kepada polisi yang sedang menyamar sebagai pembeli.

Penangkapan pelaku dilakukan di Desa Pulo Panggung, Selasa siang (20/9). Tertangkapnya tersangka Juanda yang merupakan securty PT Manggala Usaha Manunggal  (MLM) berdasarkan informasi masyarakat yang mengatakan maraknya penjualan senjata api rakitan di wilayah Pulo Panggung.

Dari informasi tersebut, polisi bergerak cepat dengan datang ke lokasi dan berpura pura ingin membeli senjata api dari tersangka.Kapolres Muara Enim, AKBP Hendrawan, melalui Kasatreskrim, AKP Agus P yang didampingi Kanitpidum, Iptu Alvian, membenarkan penakapan terhadap tersangka. Dari tangan tersangka polisi berhasil mengamankan mengamankan satu pucuk senjata api rakitan, dan dua butir peluru M16 kaliber 556 dari dalam tas milik pelaku.

“Berdasarkan informasi, tim yang beranggotakan enam orang langsung ke lokasi, dan berpura pura hendak membeli senjata. Usai bertemu, tersangka sempat menunjukan kepada petugas cara menggunakan senjata yang kemudian langsung kuta amankan ” jelasanya.

Kepada polisi, pelaku mengaku senjata diperolehnya dari teman yang bernama Saihan yang juga warga Pulo Panggung. Pelaku sendiri bakal dikenakan undang undang darurat nomor 12/1951, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

Sementara itu, saat diwawancarai, tersangka mengatakan,  dirinya hanya diminta menjual senjata api tersebut oleh temannya Saihan, dan hanya menmperoleh upah dari penjualan. “Aku cuma disuruh jual. Ini pertamo kali aku jual. Hargonyo Rp 1,8 juta, aku dapet upah be blom tau brapo. Aku galak ne karena nak nyari tambahan duet bae Pak,” akunya.(luk)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses