Disdag: Harga Sembako Mulai Turun

Disdag: Harga Sembako Mulai Turun
Posted by:

PALEMBANG- Pasca lebaran harga beberapa bahan sembako di pasaran mulai mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh pasokan dari daerah yang kembali lancar dan faktor alam.
Kepala Dinas Perdagangan Sumatera Selatan (Sumsel) Yustianus mengatakan, pasca lebaran beberapa harga kebutuhan sembako mulai mengalami seperti ayam, cabai, bawang merah, dan telur ayam. “Saya sudah pantau beberapa harga kebutuhan sembako sudah turun seperti ayam potong sudah dibawah Rp 40 ribu cabai merah Rp 35 ribu dan cabai keriting Rp 40 ribu, bawang merah Rp 40 sampai Rp 45 ribu dan telur ayam Rp 21 ribu perkilogram,” kata Yustianus, Kamis (28/6/18).
Khusus untuk ayam potong, lanjut Yustianus, hal tersebut dikarenakan permainan oleh oknum pembeli yang memanfaatkan momen Ramadhan dan lebaran. “Itu bukan harga sebenarnya tetapi momen ini menjadi kesempatan oleh oknum penjual mereka mengatakan bahwa ini kesempatan untuk mencari uang,” jelasnya.
Yustianus menjelaskan, meskipun sudah relatif turun tetapi harga tersebut masih tinggi dibandingkan harga standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. “Itu masih tinggi karena puasa kan mulai naik dan saat puasa naiknya tinggi dan usai lebaran sudah mulai turun,” ujarnya.
Turunnya harga tersebut disebabkan oleh pasokan yang telah lancar kembali dan faktor kondisi alam. “Iya, pasokan dan penyaluran dari daerah di Sumsel dan Jawa sudah lancar dan terakhir faktor alam,” ungkapnya.
Yustianus menambahkan, dirinya memastikan saat hari raya idul adha nanti harga ayam potong stabil seperti dulu dan tidak akan mengalami kenaikan. “Untuk momen lebaran haji nanti harga daging ayam seperti dulu yakni berkisaran di Rp 33 sampai 34 ribu,” pungkasnya. (cw05)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses