Disdik Bakal Terapkan Kurikulum Tahfidz

Disdik Bakal Terapkan Kurikulum Tahfidz
Posted by:

PALEMBANG – Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang bakal memasukkan kurikulum Tahfidz ke mata pelajaran SD/SMP. Pasalnya sudah banyak sekolah negeri yang membuka program Tahfidz baik dalam bentuk ekstrakulikuler atau pelajaran.
Hal ini diungkapkan Kadisdik kota Palembang H Ahmad Zulinto SPd MM mengatakan dalam tahun ajaran 2018, Disdik berencana akan bekerjasama dengan Kementrian Agama (Kemenag) kota Palembang terkait mekanisme kurikulum tersebut. “Kita sangat merespon baik adanya kurikulum ini. Mengingat banyak sekolah yang antusias menggelar program Tahfidz,” katanya.
Rencananya kurikulum ini akan diimplementasikan pada tahun ajaran baru 2018. Terkait caranya mengajarnya, pihaknya akan mengatur regulasi yang pas agar kurikulum ini bisa sesuai untuk diterapkan. “Untuk tenaga gurunya sudah kita siapkan. Tinggal diatur nanti bagaimana disandingkan dengan kurikulum nasional,” jelasnya.
Ia berharap dengan adanya kurikulum ini kelas tahfidz Alquran, diharapkan para siswa memiliki kemampuan bacaan Alquran, sesuai dengan standarnya. “Memang sesuai dengan harapan Walikota, menciptakan palembang yang Madani. Kita mulai dari pendidikan dasar dulu,” bebernya.
Menanggapi adanya kurikulum tahfizh, Kepala SD Negeri 30 Palembang Nuraini mengatakan dirinya sangat mendukung sekali jika ada kurikulum tahfizh tersebut, soalnya disamping bisa menjadikan kegiatan anak semakin aktif dan juga mendidik siswa bisa belajar agama islam. Rata-rata disini siswa banyak dari kalangan muslim dan sisanya ada beberapa dari agama lain. “Apabila ada penerapan kurikulum tafizh, kami pun akan melakukan di musollah yang baru dibangun pada bulan lalu,’ pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses