Disdukcapil Berlakukan Aplikasi Siak VII

Disdukcapil Berlakukan Aplikasi Siak VII
Posted by:

 

 

MUARADUA

Dengan telah diberlakunnya aplikasi Siak VII, maka masyarakat baik yang akan membuat kartu keluarga, akte kelahiran harus membawa buku nikah serta golongan darah

Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten OKU Selatan, Drs Lia Tirtayasa Msi menyebutkan dengan telah di berlakukannya aplikasi Siak VII tersebut maka masyarakat yang akan menerbitkan Kartu Keluarga. Akte Kelahiran harus membawa surat nikah serta golongan darah.

“Selama ini di dalam Kartu Keluarga tercatat kawin dan tidak ada lampiran golongan darah. Namun dengan telah berlakunya Siak VII maka harus membawa surat nikah dan melampirkan golongan darah,” tuturnya.

Dikatakannya kegunaan dari dilampirkannya surat nikah tersebut yakni untuk mengisi nomor akte nikah dan tanggal nikah. Yang mana apabila memiliki buku nikah akan tertulis kawin, namun apabila tidak memiliki buku nikah maka akan keluar kawin tidak tercatat. Makanya bagi masyarakat yang akan memperbaharui KK ataupun yang akan menerbitkan KK baru serta  Ake Kelahiran wajib melampirkan buku nikah.

Namun kendati demikian sambung Lia Tirtayasa, apabila masyarakat yang akan memperbarui Kartu Keluarga tidak lagi memiliki buku nikah, maka sebagai gantinya harus membawa Surat keterangan baik dari Kantor Urusan Agama ataupun Kepala Desa.

“Contohnya bagi yang nikah di era tahun 80 bawah yang mana mungkin buku nikah yang bersangkutan hilangnya atau lain sebagainya cukup membawa surat keterangan dari kades. Namun apabila surat nikah tersebut hilang maka bawa surat keterangan dari Kepolisian serta ke kantor KUA untuk melihat  registrasinya yang ada di kantor KUA di mana yang bersangkutan melangsungkan pernikahan,” ujar Kadin Lia Tirtyana.

Maka dari itulah sambung Kadin Dukcapil Lia Tirtayana, dalam kesempatan ini dirinya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Bumi Serasan Seandanan agar kiranya apabila akan memperbaharui Kartu Keluarga hendaknya sebulan sebelumnya ke kantor Dukcapil agar bisa untuk melengkapi persyaratan yang telah di tentukan berdasarkan aplikasi Siak VII tersebut.

“Karena sudah jelas sekali  apabila persyaratan tersebut khususnya surat nikah tidak ada maka Kartu Keluarga tersebut belum bisa di terbitkan,” katanya.

Kadin Dukcapil Lia Tirtayana menambahkan tujuan adanya aplikasi Siak VII tersebut buka untuk menyulitkan masyarakat namun itu semua guna untuk ketertiban admintarsi.

“Tujuan Pemerintah memberlakukan aplikasi Siak VII ini agar administarsi benar-benar tertib,” tutup Dra Lia Tirtayana. (res)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses