Distribusi Air 176 Ribu Pelanggan Terhenti

Distribusi Air 176 Ribu Pelanggan Terhenti
Posted by:

Rambutan, Palembang Pos.-
Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang yang berada di wilayah Seberang Ilir, hari ini sepertinya tidak dapat menikmati air bersih seperti biasa. Pasalnya, PDAM akan menghentikan sementara pengaliran air, karena ada pekerjaan penyambungan jaringan listrik untuk PDAM di Water Treatment Plant (WTP) Gandus oleh PT PLN Palembang.
Akibat pekerjaan ini, sedikitnya sebanyak 176 ribu pelanggan yang terganggu distribusi air bersihnya. Yakni di Kecamatan Ilir Timur I, Ilir Timur II, Ilir Barat I, Ilir Barat II, Sukarame, Alang-alang Lebar, Bukit Kecil, Gandus, Kemuning, Perumahan Poligon dan sebagian kecamatan Kalidoni, Sako serta Sematang Borang.
Direktur Operasional dan Pemasaran, DR Andi Wijaya mengatakan, penghentian pengaliran air ini akan dilakukan selama 6 jam. “Ya, karena ada penyambungan jaringan listrik untuk PDAM WTP Gandus, jadi kita tidak bisa beroperasional,” bebernya.
Andi mengatakan, selama adanya pemadaman listrik ini, maka pihaknya memanfaatkan untuk perbaikan pipa transmisi yang bocor di Jalan Soekarno Hatta diameter 500 mm dan juga pencucian reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) 3 Ilir.
“Pipa transmisi di Jalan Soekarno Hatta ini memang sudah berkali-kali pecah. Malah pernah kita ganti dengan pipa khusus HDPE, tapi tetap pecah. Ini karena tanah di kawasan pipa tersebut memang labil sehingga mudah amblas. Akibatnya merusak pipa, nah ini akan kita perbaiki lagi besok (hari ini,red),” jelas dia.
Akibat adanya perbaikan pipa ini, sambung Andi, maka penghentian pengaliran air di Kecamatan Alang-alang Lebar ini akan lebih lama dari yang lain. Jika yang di kecamatan lain hanya 6 jam, maka di Alang-alang Lebar butuh waktu 24 jam.
“Ada 12.934 pelanggan di Alang-alang Lebar, ya perlu waktu seharian untuk perbaikan pipa ini. Ada 18 meter pipa yang akan diganti,” ungkapnya.
Selain itu, sambung dia, pihaknya juga akan melakukan pengurasan reservoir, ini juga akan membuat pelayanan air bersih di kawasan tersebut terhenti lebih lama.
“Diantaranya di Jalan Dr M Isa, Simpang Patal, 16 Ilir, 1 Ilir dan Sungai Batang, distribusi air bisa terhenti sampai pukul 16.00 WIB,” ujar dia.
Dengan adanya penghentian distribusi air ini, Andi mengimbau, agar warga dapat menyimpan air di penampungan. “Ya, kami usahakan secepatnya perbaikan ini selesai,” tukasnya. (ika)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses