Dolar Rp 11.000, BI Prediksi Total Ekspor RI Tetap Tinggi

Dolar Rp 11.000, BI Prediksi Total Ekspor RI Tetap Tinggi
Posted by:

Jakarta, Palembang Pos.-
Bank Indonesia (BI) memproyeksikan ekspor barang pada triwulan I-2014 masih akan sangat tinggi. Ini terjadi hampir di beberapa sektor dan daerah. Penyebab utamanya nilai tukar rupiah yang masih kompetitif.
Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Dodi Zulverdi menuturkan untuk keseluruhan wilayah Sumatera, mayoritas ekspor berasal dari perkebunan. Baik dari Sumatera bagian utara, tengah dan selatan.
”Kalau untuk Sumatera itu trennya itu adalah perkebunan sebagai asesmen,” ungkap Dodi saat berbincang dengan media di kantor pusat di BI, Jakarta, Selasa (18/2)
Selanjutnya adalah Jakarta dengan perbaikan ekspor pada manufaktur. Hal yang sama juga terjadi pada Jawa bagian barat, tengah dan timur serta kawasan Bali dan Nusa Tenggara. ”Asesmennya itu adalah sektor manufaktur. Seperti barang-barang hasil industri itu akan cukup tingginya ekspor,” sebutnya.
Sementara perlambatan ekspor akan dialami oleh kawasan Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Penyebabnya adalah pemberlakuan undang-undang mineral dan batubara (minerba) dan bea keluar untuk ekspor komoditas mineral dengan kadar tertentu.
”Tapi dampak untuk wilayah Sulawesi itu memang tidak terlalu terasa, karena mungkin sudah ada beberapa yang diolah dengan smelter. Tapi yang agak berat itu untuk Kalimantan dan Papua. Memang berdampak,” papar Dodi.
Dodi menjelaskan nilai tukar saat ini memang menguat sehingga berada pada kisaran Rp 11.600/US$. Akan tetapi itu masih cukup kompetitif karena berada di bawah REER (real efective exchange rate) yang sebesar 94%.
”Kalau dilihat dari nilai tukar kawasan, kita masih sangat kompetitif. Jadi masih memacu ekspor untuk lebih tinggi. Jadi memang nilai tukar menguat, tapi harus lihat regionalnya. Kan persaingan kita sama-sama ekspor,” terangnya.
Seperti diketahui pelemahan nilai tukar sejak pertengahan tahun lalu membuat dampak positif ekspor untuk beberapa sektor. Ekspor menjadi lebih menarik karena nilai ekspor lebih tinggi, meskipun volumenya sama. (har/dbs)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses