DPRD Buatkan Perda Untuk Pembina Agama

DPRD Buatkan Perda Untuk Pembina Agama
Posted by:

MUBA – Walaupun P3N telah dihapuskan dan tidak dibenarkan untuk membentuk P3N baru. Sesuai dengan keputusan direktur jendral pembina masyarakat Islam departeman agama, karena dianggap perlu jadi untuk itu muba membentuk perda tentang pembina agama di tingkat desa dan kelurahan. Dimana notabene selama ini tugas khusus secara tertulis tidak diperintahkan oleh depag tapi secara lisan dilaksanakan P3N.

Ketua DPRD Muba H Abuasari mengatakan usai pertemuannya dengan bagian Kesra, bagian Hukum,dan tokoh agama di ruang Banmu Gedung DPRD Muba kemarin, pertemuan untuk menyikapi dihapuskannya P3N, dan pentingnya tugas-tugas yang dilakukan P3N di desa serta di kelurahan. ”Ya karena dianggap penting kita akan memperdakan pembina desa dimana tugas dari pembina desa apabila ada warga yang meninggal dunia tugasnyalah untuk memandikan, mengkafani, pemakaman serta tahlilan di rumah yang berduka. Kedua yaitu menjalankan tentang hari besar agama, seperti maulid nabi, dan terakhir pengajian, jadi semua bisa koordinasi dengan pembina agama apabila ada kegiatan agama ataupun pengajian, yang ada di desa serta di kelurahan,” katanya kemarin.

Karena dianggap penting serta menekel permasalahan yang ada di desa-desa, pihaknya telah meminta kepada Kesra, bagian hukum dan DPPKAD, supaya disampaikan kepada Bupati Muba agar dibuatkan Perbup. ”Sedangkan untuk jangka panjangnya saya sudah mengintruksikan kepada DPRD Muba khsususnya komisi I dan komisi IV, agar direkomendasikan ke badan legalisasi untuk dimasukkan ke korekda 2016 dan dijadikan Perda 2016, agar pembina agama dapat honor atau tunjangan dalam melaksanakan tugasnya,” jelas Abusari.

Masih menurutnya, pembina agama tersebut akan diusulkan oleh kades atau lurah setempat, diprioritaskan adalah tokoh agama ataupun tokoh masyrakat. ”Nanti juga akan diisi dua orang yakni pria dan wanita, yang tugasnya nanti apabila warga yang meninggal pria yang menanganinya pembina agama pria, dan sebaliknya kalau wanita dilakukan oleh pembina wanita,” pungkasnya. (omi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses