Duku Komering Banjiri Palembang

Duku Komering Banjiri Palembang
Posted by:

PALEMBANG – Akhir Bulan Februari pedagang buah duku terlihat membanjiri trotoar jalan maupun pasar-pasar yang ada di Pasar Tradisional Palembang. Pasalnya buah lokal primadona masyarakat pesisir Komering sedang berbuah banyak, sehingga para pedagang pun banyak menjual.
Salah satu pedagang buah duku di Pasar KM 5 Aan mengatakan mereka jual merupakan duku dari temannya di Kabupaten OKU. “Memang banyak pembeli yang datang menanyakan duku Komering atau bukan. Kalau dari OKU Timur mereka sudah tahu pasti tahu kalau yang dijual oleh kita ini adalah duku Komering, harga dijualnya 1 kilogram berkisar Rp 10.000” katanya.
Dalam sehari dirinya mampu menjual duku hingga 50 kilogram. Apalagi pembeli dari luar kota, kebanyakan membeli dalam jumlah yang besar untuk oleh-oleh ke tempat tujuan mereka. “Biasanya pembeli dari luar kota membeli yang masih utuh dalam karung berisi 10 atau 20 kilogram. Tapi kalau masyarakat lokal hanya membeli untuk dikonsumsi sendiri sekitar satu atau dua kilogram saja. Saat ini kota Palembang kebanjiran buah duku komering,” jelasnya.
Hal senada dikatakan Abu penjual duku lainnya mengakui jika duku yang dijualnya ada dari Jambi dan Komering. Memang pembeli banyak mencari duku komering, disamping harga standar rasa duku komering ini manis dan bijinya kecil kalau dibandingkan duku lainnya. “Sekali kirim kita beli dalam jumlah besar hingga satu ton, sampai disini kita bagi sesama penjual duku, ada yang ngambil 50 kilogram, 100 sampai 200 kilogram, tergantung pedagang mau ambil berapa,” katanya.
Untuk harga sama dengan pedagang lainnya, apabila ambil 1 kilogram kami menjual Rp 8.000 sampai Rp 10.000, apabila ambil 2 kilogram hargnya lebih murah yakni Rp 15.000. “Ya, untuk sekarang rata-rata pembeli banyak membeli 2 kilogram,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses