Dukung Bupati Perjuangkan Hak Petani

Dukung Bupati Perjuangkan Hak Petani
Kunjungan Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo dan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring beserta rombongan yang diterima langsung Bupati Mura, H Hendra Gunawan, didampingi Asisten II, Asiten IV dan sejumlah SKPD, di Ruang Bina Praja, Pemkab Mura, Senin (28/3).
Posted by:

CITA-cita Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan, untuk mewujudkan Mura SEMPURNA (Sejahtera Mandiri Produktif Unggul Religius Nyama dan Aman) dengan mengembangkan sektor pertanian sebagai mayoritas mata pencarian masyarakat bukan saja mendapt dukungan dari berbagai kalangan di Mura. Tetapi dukungan serupa juga datang dari pusat, seperti yang disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring, dalam kunjungan kerjanya ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura, Senin (28/3).
“Alasan kami mendukung bupati karena melihat keseriusan bupati dalam memperjuangkan hak-hak petani,” demikian dikatakan Ketua Komisi IV yang juga Fraksi Gerindra dari Sumsel I ini.Edhy juga mengaku prihatin dengan kondisi Kabupaten Mura yang menjadi salah satu daerah tertinggal di Sumsel. Pasalnya kabupaten yang telah melahirkan Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ini, sebelumnya merupakan salah satu daerah penyumbang dana ke pemerintah pusat. Sehingga, saat dibutuhkan sudah sewajarnya negara memberikan yang lebih besar untuk Kabupaten Mura.
Untuk itu, Edhy, berjanji melalui program pertanian dirinya akan ikut memperjuangkan anggaran pusat agar bisa mengucur ke Bumi Lan Serasan Sekentenan tersebut. “Sebagai wakil rakyat di pusat, ada hal yang perlu saya lakukan, salah satunya mendorong sektor pertanian di Mura,” kata Edhy.
Menurutnya, dana di Kementerian Pertanian juga cukup besar mencapai 40 triliun. Jangan sampai dana yang ada tidak mengalir di Kabupaten Mura apalagi 84 persen masyarakat Mura bergantung dari sektor pertanian. ” Potensi yang sangat besar harus kita gali, semua untuk kemakmuran masyarakat,” ujar Edhy.
Ditegaskan Edhy, anggaran negara sudah besar, anggaran itu harus direbut bukan menunggu. Apalagi dampak pengurangan dana hasil migas sangat berpengaruh besar. “Kita harus bersama-sama, sebagai wakil rakyat saya siap membantu memajukan daerah Mura,” tutur Edhy.
Senada dikatakan Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Hasil Sembiring. Menurutnya potensi sektor pertanian di Mura cukup baik, sehingga diharapkan penyerapan dana ke pusat dapat lebih besar dan dipercepat. Karena untuk di Kabupaten Mura penyerapan anggaran terbilang masih kecil 0,4 persen. Sementara di beberapa daerah lain sudah diatas 8 persen. Sementara Bupati Mura, H Hendra Gunawan, dalam kesempatan tersebut memaparkan tantangan dan potensi pertanian di Mura. Menurut Hendra, tantangan yang dihadapi saat ini bagaimana keluar dari status salah satu daerah tertinggal di Sumsel.Sebagai kabupaten yang telah melahirkan 2 daerah pemekaran yakni, Kota Lubuklinggau pada 2001 dan Kabupaten Muratara pada 2013, kondisi Mura justru menjadi tertinggal. (adv /yat)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses