e-Warung di Pagaralam Segera Beroperasi

e-Warung di Pagaralam Segera Beroperasi
Warga memperlihatkan KKS diserahkan langsung Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati saat launching PKH dan e-warung, Selasa (1/8). Foto Efvhan Palembang Pos
Posted by:

PAGARALAM – Meski program elektronik warung (e-Warung) sebagai pengganti dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang digulirkan Pemerintah Pusat belum secara resmi beroperasi, masyarakat yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) penerima bantuan tetap bersabar. “Saat ini kios e-Warung belum bisa beroperasi, karena masih dalam tahap persiapan. Kendati peralatan bantuan dari Kementerian seperti show cse, alat timbangan dan alat packing sudah tiba,” ujar Kepala Dinsos Kota Pagaralam, H Sukman SE MM, melalui Kabid Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Agustiandra SH, didampingi Kasi Penanganan Fakir Miskin, Hema Ovida SIp MM dan Anggota TKSK, Rahman, Selasa (1/8).

Penggunaan KKS mengambil kebutuhan pokok di e-Warung kata Rahman, tergolong lebih praktis, mudah dan efisien. Sama halnya seperti penggunaan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Program e-Warung dalam setiap bulannya tambah Rahman, setiap Kepala Keluarga (KK) diisi Rp110 ribu per bulan. “Dikonversi menjadi beras dan gula. Program e-Warung setiap bulan rutin diisi sampai program ini selesai,” jelasnya. Waktu pengisian e-Warung sudah ada tanggal khususnya. Mengenai kios e-Warung Kube Kota Pagaralam, tersebar di lima kecamatan.

Antara lain di Kecamatan Pagaralam Selatan ada 2 kios, Warung Kuber Beringin Sakti dan Warung Kube Tanjung Agung. Kecamatan Pagaralam Utara 2 kios e-Warung, yakni Warung Kube Selibar dan Warung Kube Sejahtera, Kecamatan Dempo Selatan 1 kios Warung Kube Muara Tenang, Kecamatan Dempo Tengah 1 kios Warung Kube Barokah dan Kecamatan Dempo Utara 1 kios Warung Kube Agung Jarta. “Kemungkinan akhir Agustus 2017 program e-Warung sudah mulai operasional melayani masyarakat melakukan pengambilan kebutuhan pokok. Akan dilakukan sosialisasi lagi ke sejumlah masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabito, masyarakat selaku pemilik KKS sekaligus pemilik e-Warung, mengaku program e-Warung lebih tepat guna. “Melalui program e-Warung masyarakat dituntut lebih cerdas. Yang belum pernah ke bank jadi bisa langsung belajar bagaimana cara berurusan. Kita berharap program e-Warung bisa segera digulirkan, jadi kita bisa belanja setiap bulan,” harapnya. Terpisah, Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati MKes di sela launching dan pembagian kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan KKS e-Warung, menyebut jika kartu e-Warung merupakan sistem penyaluran bantuan sosial non tunai untuk mencegah distribusi yang tak tepat kualitas dan kuantitas. “Pemegang kartu e-Warung setiap bulan diisi pemerintah Rp110 ribu per bulan, per Kepala Keluarga (KK). Gunanya, untuk dikonversi menjadi beras 10 kg dan gula 1 kg. Jangan tertukar di dalam penggunaannya. Satu untuk kartu PKH dan satu lagi kartu e-Warung,” tandas Wako Ida. (cw08)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses