Eksekutor Kasus Pembunuhan Keok

Eksekutor Kasus Pembunuhan Keok
Tersangka Karsito alias Sito, menjalani perawatan medis, usai baku tembak dengan polisi. Foto Friday/Palembang Pos
Posted by:

PENDOPO – Berakhir sudah pelarian salah seorang kawanan pelaku pembunuhan sadis di PALI. Karsito alias Sito (37), yang merupakan eksekutor pertama pembunuhan, dilumpuhkan dengan timah panas oleh anggota Unit Reskrim Polsek Talang Ubi, setelah sempat baku tembak, kemarin (20/9), sekitar pukul 12.30 WIB.

Warga Desa Sungai Ibul, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI itu, terpaksa dilumpuhkan tepat di kedua kakinya, dan bagian perutnya, saat berupaya melarikan diri ke kebun sawit di Base Camp 217, Devisi 6A Karet PT SMB, Desa Simpang Tungkal, Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin.

Sito saat dilakukan penangkapan di persembunyiannya itu, sedang tidur di dalam Base Camp tersebut, dan tidak menyangka dengan kedatangan aparat kepolisian. Namun, saat digerebek, petugas salah sasaran, lantaran banyaknya warga disekitar lokasi tersebut. Hal itu dimanfaatkan Sito untuk kabur dari pintu belakang, ke arah kebun sawit perusahaan.

Petugas yang sudah mengetahui itu, langsung melakukan pengejaran ke dalam hutan, sembari memberikan tembakan peringatan, hingga tiga kali ke udara. Namun, peringatan tak diindahkan Sito, malah dari dalam hutan kakak Sito berinisial Tm (DPO), melakukan perlawanan dengan menembak ke arah polisi dengan senpira.

Beruntung satu kali tembakan itu tak mengenai petugas di lapangan. Tak mau buruannya lepas, polisi fokus melakukan pengejaran terhadap Sito, hingga lebih kurang 1 kilometer (km) aksi saling kejar. Dari arah kejauhan polisi berupaya melumpuhkan Sito dan peluru polisi mengenai perut bagian samping kirinya. Namun, bukan berarti Sito menyerah begitu saja.

Sito yang terkenal sadis dan selaku eksekutor pertama dari tiga kasus pembunuhan itu, masih mencoba kabur. Alhasil dua tembakan polisi mengenai kedua kakinya, barulah Sito keok, dan berhasil diamankan.

Disesi lainnya, baru diketahui, anggota polisi yang dibagi dua, ternyata melakukan pengejaran terhadap Tm, namun Tm berhasil kabur. Sementara Tm berupaya membuang senpinya, dan berhasil ditemukan petugas. Selain senpi milik Tm, polisi juga menemukan barang bukti berupa sepeda motor merek Honda Vario warna putih Nopol BG 2252 CN, dan helem warna merah.

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIk, melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Victor Eduard Tondaes, didampinggi Kanit Reskrim Ipda Rusli SH mengatakan, tersangka Sito ini merupakan DPO tiga kasus pembunuhan sadis, dan dua kali melakukan perampokan. “‎Sudah menjadi TO, pelaku ini sangat sadis. Tercatat ada tiga kasus pembunuhan sadis yang dilakukannya,” kata Victor.

Diantaranya, sambung Victor, kasus pembunuhan terhadap korban Supen di 2012. Dimana Supen dibunuh dengan cara sadis oleh kelompok ini, dan kebetulan eksekutor pertamanya Sito. Pembunuhan terhadap Barnas di 2014, dan Reli di 2015 keduanya juga kasus pembunuhan sadis. Ketiga korban meninggal akibat luka bacok, dan luka tusuk.

“Residivis tahun 2010 kasus Curas ini, juga tercatat sebagai pelaku di dua TKP perampokan. Saat ini kita terus lakukan pengejaran pelaku lain, karena mereka berkelompok, lebih dari tiga orang. Sementara di tiga kasus pembunuhan itu, kita sudah amankan beberapa pelaku,” terang Victor. (day)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses