Elektabilitas Tertinggi Dodi-Giri, Popularitas Ishak Mekki

Elektabilitas Tertinggi Dodi-Giri, Popularitas Ishak Mekki
Posted by:

Palembang-Hasil penelitian Lembaga Survei Indomatrik selama periode 29 Mei – 3 Juni 2018, Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Sumsel nomor urut 4, Dodi Reza Alex – Giri Ramanda punya potensi memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumsel, pada 27 Juni mendatang.

Demikian dikatakan Direktur Analisis Indomatrik, Deni Yusuf, kemarin. Menurutnya, saat responden ditanya secara spontan tanpa diberi daftar Paslon Gubernur Sumsel, hasilnya menunjukkan bahwa konstituen punya pilihan terhadap nama – nama dari para kandidat cagub. Jika dilihat hasil elektabilitas paslon berbasis pertanyaan terbuka, seandainya pemilihan langsung di Provinsi Sumsel dilaksanakan hari ini, hasil surveinya menunjukkan Dodi Reza Alex – Giri Ramanda dengan 32,02% dan pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya dengan 27, 37%. Kemudian, Pasangan Ishak Mekki – Yudha Pratomo 14,75%, serta pasangan Aswari Rifai – M Irwansyah 3,12%.

“Hal itu tergambar dari rekaman daya ingat kepada para calon. Dimana ada dua nama pasangan yang paling kuat (top of mind) publik yang Indomatrik rekam. Dua nama pasangan yang sangat kuat di memori publik, yakni Dodi Reza Alex – Giri Ramanda dengan 32,02% dan pasangan Herman Deru – Mawardi Yahya dengan 27, 37%, sedangkan yang masih belum menentukan (swing vooters) sebanyak 22,74%,” ungkapnya, saat memberi keterangan pers di Hotel Amaris, Selasa (19/06).

Deni menerangkan, pada survei ini pihaknya melakukannya penarikan sampel dengan Metode Multistage Random Sampling selama periode 29 Mei – 3 Juni 2018, yang penentuan respondennya dilakukan secara random sistematis dengan jumlah sampel 880 responden. Kemudian, quality control terhadap hasil survei dilakukan secara acak sebesar 20% dari total sampel oleh suverpisor melalui spotcheck di lapangan.

Nah, untuk tingkat popularitas Paslon Gubernur, hasil survei awal ini menunjukkan bahwa konstituen sudah punya kesadaran tersendiri terhadap partisipasi politiknya, terhadap pelaksanaan Pilgub Sumsel. “Dari empat pasangan yang Indomatrik rekam, ada tiga pasangan yang sangat menonjol di mata publik, yakni Ishak Mekki dengan 98,75%, kemudian Herman Deru 97,75% dan Dodi Reza Alex 97,58%,” terangnya.

Sementara, Pengamat Politik Sumsel, Ade Indra Chaniago mengatakan, tidak heran dengan hasil survei Indomatrik yang menonjolkan Dodi Reza Alex. Karena, sebelum melakukan aktifitas politik beberapa bulan lalu, Dodi Reza sudah punya modal awal 17%.

“Dari survei ini juga, saya lebih melihatnya seperti teori product life cycle. Dimana dari tren yang dimiliki Dodi Reza yang landai, maka dipastikan trennya akan terus dan cenderung naik,” katanya.(del)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses