Empat Kawanan Spesialis Jambret Diringkus

Empat Kawanan Spesialis Jambret Diringkus
Dua dari empat pelaku jambret yang diamankan Unit Reskrim Polsek Prabumulih Timur berikut barang bukti. Foto : Prabu/Palembang Pos
Posted by:

PRABUMULIH – Kawanan bandit jalanan spesialis jambret yang kerap meresahkan pengguna kendaraan, berhasil diringkus unit Reskrim Polsek Prabumulih Timur pimpinan Aiptu Rikiyanto Atmaja. Kawanan dimaksud, ES (16) dan YC (17), keduanya merupakan warga Desa Gumawang Kecamatan Rambang Dangku Kabupaten Muara Enim.

Kemudian, ASP (16) warga Dusun Suban, Kecamatan Rambang Dangku dan EF (16) warga Dusun Aur Duri, Kabupaten Muara Enim. Keempat pelaku jambret ini, ditangkap di dua tempat terpisah. ES ditangkap sesaat usai melakukan aksi penjambretan dikawasan Jalan Angkatan 45 Kelurahan Muara Dua sementara ASP dan EF diringkus petugas, saat sedang menunggu mangsa dikawasan Jalan Prof M yamin depan SMA Negeri 1 Prabumulih, Sabtu (13/08) sekitar pukul 21. 30 WIB.

Selain mengamankan tersangka, petugas juga menyita satu unit motor Honda revo tanpa nomor polisi yang digunakan pelaku saat beraksi, satu buah tas, satu unit handphone, satu unit tablet dan uang tunai jutaan rupiah diduga hasil kejahatan.
Informasi berhasil dihimpun, penangkapan terhadap kawanan jambret yang berusia belia ini bermula dari aksi penjambretan yang dilakukan ES dan YC terhadap korbannya bernama Sundari (17), warga Jalan shinta Kelurahan Wonosari Kecamatan Prabumulih Utara Kota Prabumulih.

Malam itu sekitar pukul 20.00 WIB, Sundari dalam perjalanan pulang usai berkunjung kerumah salah satu kerabatnya mengendarai motor berboncengan dengan temannya. Ketika melintas dikawasan Jalan Angkatan 45, tiba-tiba motornya dipepet oleh motor lainnya yang ditunggangi dua orang pria.

Tiba-tiba, salah satu pria dimotor tersebut menarik tas yang dibawa oleh korban. Karena kondisi tidak siap, dengan mudah tas milik korban berpindah tangan. Selanjutnya berhasil mendapatkan tas korban, pelaku langsung memacu motornya dengan kencang. Korban yang sadar dirinya baru saja dijambret, langsung mengejar kedua pelaku.

Melihat korbannya mengejar sambil berteriak, pelaku menjadi panik sehingga tak dapat mengendalikan laju motornya dengan baik. Akibatnya, motor pelaku terbalik dan pelaku terpental dari motornya. Warga yang mengetahui aksi yang dilakukan ES, langsung menangkapnya sementara YC berhasil melarikan diri.

Warga yang geram, langsung menghakimi ES dengan memukuli hingga babak belur. Beruntung anggota Reskrim Polsek Prabumulih segera tiba dilokasi, sehingga nyawa jambret itu berhasil diselamatkan. ES langsung dibawa ke Polsek Prabumulih Timur, kepada petugas ES mengakui perbuatannya dan memberitahukan keberadaan teman-temannya yang lain.

Berbekal nyanyian ES, petugas langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, unit Reskrim Polsek Prabumulih Timur berhasil meringkus dua pelaku lainnya yakni ASF dan EF saat tengah menunggu calon korban dikawasan jalan Prof M Yamin. Tak hanya itu saja, petugas juga berhasil menangkap YC yang sempat kabur.

“Iyo pak memang tadi aku habis menjambret korban, sudah sekitar tujuh kali aku jambret di Prabumulih,” ujar ES saat diinterogasi petugas dengan kepala tertunduk malu dan menahan rasa sakit akibat dihakimi massa yang menangkapnya.
Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk MTCP melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Sugeng Pranoto, didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Riki Yanto Atmaja membenarkan telah menangkap para pelaku penjambret. “Kedua pelaku Absril dan Efriyansyah kita serahkan ke Polsek Prabumulih Barat karena masuk wilayah hukum Polsek Prabumulih Barat,” jelasnya.(abu)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses