Festival Musik jadi Ujian Semester

Festival Musik jadi Ujian Semester
Posted by:

PALEMBANG – Dalam mengasah kemampuan setiap mahasiswa bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya mahasiswa Universitas PGRI Palembang jurusan Fakultas Sendratasik Jurusan Seni Musik. Dimana, guna mendapatkan nilai dalam satu semester, para mahasiswa Fakultas Sendratasik ini mengadakan ujian akhir semester, berbentuk kegiatan menyerupai festival atau lomba band.
Hal ini diungkapkan mahasiswa Universitas PGRI Palembang, Selasa (6/6/18) Riko Pratama mengatakan mengenai lomba sendiri dari pesertanya sendiri terdiri dari mahasiswa Fakultas Sendratasik semester 6 Jurusan musik ada dua kelas yang jumlah Bandnya total 10 band dengan jumlah personel 4 sampai 5 orang. “Jadi, setiap band peserta boleh membawakan dua lagu, satu lagu wajib dan satu lagu ciptaan band kami sendiri,” katanya.
Setiap personil juga memainkan 1 alat musik dalam kata lain full set bisa termasuk dengan sang vocalis. “Personil band kami memainkan satu alat musik, seperti gitar Rhythm dan Melodies (1 dan 2-red), bass, drum serta keyboard,” jelasnya.
Selain dari alat musik meinstream atau yang biasa digunakan, para personil juga boleh memainkan alat musik tambahan, seperti tradisional (klasik), Gong, kecapi, angklung dan rabana serta alat musik Modern, misalnya Saksofon dan biola.
Sedangkan untuk alat musik jenis Melodi sendiri terdiri dari gitar, biola, pianika, suling, keyboard, angklung dan kecapi. Kalau jenis Ritmis, alat musik misalnya gendang, drum, rebana, jimbe serta tamborin (kicikan). “Untuk jumlah personil bandnya sendiri kami bisa menambah pemain dari jurusan yang lain (additional player) asalkan tetap dari Kampus PGRI, guna mendukung sesuai dengan aliran musik yang ingin dibawakan,” ungkapnya.
Sementara itu, Dosen Penguji dari Fakultas Sendratasik, Deria Sepdwiko M.sn menuturkan, sesuai dengan mata kuliah (MK) Band. Jadi, dilakukan ujian praktek mata kuliah band yang tujuannya guna menjalin kekompakan antar mahasiswa. Selain itu, agar mengetahui hasil band yang terbaik untuk disalurkan bakatnya agar bisa ditampilkan setiap acara Universitas, misalnya, Wisuda atau kegiatan acara ceremonial berbentuk apapun, baik olahraga maupun paduan suara. “Pemenangnya atau yang terbaik dari mereka akan kita jadikan bintang tamu pengisi acara setiap ada kegiatan dalam ruang lingkup Universitas PGRI Palembang,” pungkasnya. (roi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses