Fokus Membangun Infrastruktur Pedesaan

Fokus Membangun Infrastruktur Pedesaan
Posted by:

KAYUAGUNG – Ketimpangan pembangunan antara pedesaan dan perkotaan di Kabupaten OKI yang terjadi selama ini, menjadi tugas berat Pemerintah Kabupaten OKI dibawah kepemimpinan Bupati OKI Iskandar SE.
Oleh sebab itu, pemerataan pembangunan infrastruktur pedesaan, menjadi fokus utama pembangunan OKI. Tidak berlebihan apabila pembangunan insfrastruktur di sektor jalan dan jembatan menjadi prioritas bagi Bupati, beserta jajaran Pemerintah Kabupaten OKI, khususnya instansi terkait yakni Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) OKI.
Di sektor jalan, pada tahun ini, Iskandar SE mencanangkan pembangunan ruas jalan Kayuagung Sepucuk sepanjang 37,962 km. ‘’Jalan ini akan menjadi urat nadi masyarakat yang tinggal di wilayah itu,” tegasnya.
Ruas jalan yang ditargetkan selesai dalam 2,5 tahun itu menghubungkan Kota Kayuagung, dengan lima Kecamatan, antara lain Pedamaran, Pedamaran Timur, Cengal, Mesuji, Sungai Menang. ‘’Saat ini sudah diselesaikan sekitar 12 Km,” ujar Iskandar.
Menurutnya, saat ini pembangunan yang lebih difokuskan pada infrastruktur desa, sehingga tidak terlihat secara mencolok pembangunan ditengah kota. Meskipun demikian, pembangunan perkotaan tidak terabaikan.
“Dua tahun membangun OKI mungkin belum terlihat, karena kita tidak membangun gedung-gedung mewah atau kantor-kantor bertingkat di pusat kota. Yang kita lakukan bagaimana masyarakat yang tinggal di pelosok, dan di pesisir-pesisir merasakan adanya pemerintah,” tegas Iskandar.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PU BM) OKI Ir Hafiz MM mengatakan, saat ini pihaknya telah merampungkan beberapa pengerjaan ruas jalan pedesaan, diantaranya Jalan SP Kijang-Terusan Menang. Jalan sepanjang kurang lebih 14 km itu merupakan akses penghubung Desa Celikah di Kecamatan Kayuagung, dengan desa Terusan Menang di Kecamatan SP Padang.
Pada tahun ini, ruas jalan itu dilakukan perlebaran menjadi 2,5 meter ke kanan dan ke kiri. Kemudian, Jalan SP Padang-Pampangan-Lebung Batang-Tulung Selapan sepanjang 69 KM telah selesai. Rinciannya, ruas Jalan SP Padang-Pampangan sepanjang 21 km, ruas Jalan Pampangan-Pangkalan Lampam sepanjang 15 km, dan ruas jalan Pangkalan Lampam-Tulung Selapan sepanjang 33 km. Jalan poros tersebut menghubungkan ke-4 kecamatan di OKI.
Berdasarkan data 2015, kondisi infrastruktur jalan di OKI setiap tahunnya semakin baik dan mulus, sedangkan kondisi jalan yang rusak mengalami penurunan. Dari total jalan kabupaten sepanjang 1.580,44 km, jalan dalam kondisi baik sepanjang 342,465 km, sepanjang 360,777 km dalam kondisi sedang, dan jalan dalam kondisi rusak sepanjang 678,57 km.
Namun, dari rentang waktu itu hingga sekarang jumlah jalan yang rusak telah berganti menjadi jalan yang mulus. Data yang berhasil dihimpun dari Bappeda OKI menunjukkan, dalam rangka mewujudkan pembangunan OKI dari desa, pada 2015 Pemkab telah membangun jalan poros desa sepanjang 124,85 km, dan jalan kabupaten sepanjang 304,31 km. (Jem/ikl)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses