Gelar Upacara Upah – upah

Gelar Upacara Upah – upah
Posted by:

PALEMBANG – Jelang pernikahan Nico Yulianto dan Irene Engeline, CEO PT Citra Bumi Sumatera H Suparno Wonokromo menggelar upacara adat Upah -Upah. Dikatakan Maliana Harahap, Inang Tobang Nico atau lebih dikenal bibik mengatakan upacara upah – upah adalah syukuran dan silahturahmi dimana sebelum seseorang memasuki kehidupan baru yakni berumah tangga.

Acara tardisi ini memiliki makna tersendiri bagi kedua mempelai dan keluarga yang menjalankannya, dikatakannya, Upah- Upah merupakan fase dari masa lajang ke masa akan menikah. “Ada banyak nasehat untuk calon mempelai yang akan menikah,’ ujar Maliana.
Nico, calon mempelai pria duduk bersama saudara – saudaranya yang sudah menikah, kain ulos yang diselendangkan dibahu keduanya merupakan langkah kedua dalam kegiatan ini. Selain itu, adanya sajian makanan seperti ayam, telur, udang dan hati ayam yang memiliki makna berbeda beda. “Setiap lauk pauk makanan ini ada maknanya, agar Nico bisa menjelang kehidupan rumah tangga dengan sakinah mawadah warohmah,” terangnya.
Masih dikatakan Maliana, selain itu juga Nico nanyo mampu rukun dengan keluarga dan saudaranya baik dari keluarga istri maupun Nico. ” Ada bapak, ibunya dan saudaranya juga yang menasehati agar dapat menjalin kehidupan yang baru,” ungkapnya.
Sementara itu, H Suparno Wonokromo mengatakan upah – upah ini memberikan semangat kepada Nico agar dapat menjalanin kehidupan yang baru dan tidak mudah menyerah. “Lebih bertanggung jawab dan bisa menjadi kepala keluarga yang lebih rajin lagi dalam bekerja,” tandasnya. (nik)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses