Geledah Kantor Abu Tour

Geledah Kantor Abu Tour
Posted by:

Palembang – Setelah Subdit Keamanan Negara atau Kamneg, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Selasa (27/2/18) melakukan pemeriksaan terhadap empat orang karyawan Abu Tour.
Nah siangnya pukul 02.00 WIB, langsung marathon melakukan penggeledahan kantor Abu Tour and Travel berada di Jalan Inspektur Marzuki, Kelurahan Siring Agung, Kecamatan Ilir Barat I.
Tak pelak, penggeladahan aparat kepolisian itu, jadi tontanan warga. Sementara para warga yang jadi korban kegagalan keberangkatan umroh ke tanah suci, juga berduyun-duyun ramai datang ke lokasi.
“Kami ini umat Islam Pak, kami tidak akan anarkis kalau tidak diperlakukan seperti ini. Kami cuma ingin umroh, lalu bila tidak sanggup kembalikan saja uang kami. Jangan janji-janji saja, akan memberangkatkan dengan waktu tidak tentu,” ungkap Muktar (61).
Kakek Muktar telah dikaruniai 5 orang cucu ini mengatakan, akibat kasus Abu Tour itu ia mengalami kerugian Rp 30 juta.
“Rencananya akhir bulan ini (Februari) mau berangkat, rupanya bermasalah. Ya saya percaya karena tetangga bisa berangkat dengan Abu Tour. Ya kalau saya tetap kompromi, kalau tidak di berangkat ya uang dikembalikan. Itu uang anak saya hasil kumpul selama 2 tahun lebih,” timpalnya.
Penggeledahan yang dilakukan penyidik Kamneg Dit Reskrimum Polda Sumsel, memeriksa berkas untuk melengkapi dari ruka 4 pintu tersebut. Kasubdit I/Kamneg AKBP Suwandi Prihantoro SIk mengatakan, penggeledahan berkas data transaksi dan data jemaah Abu Tours disita.
“Jadi kita lihat bersama tadi, kantornya rapi, tak terlihat ada barang yang dipindahkan seperti dikabarkan sebelumnya,’’ ujarnya
Tapi tadi tak membawa paspor jemaah yang berada di kantor, karena akan digunakan Abu Tours jika mereka akan memberangkatkan jemaah dalam waktu dekat.
‘’Setelah penggeledahan segera kita lengkapi berkas untuk gelar perkara sehingga cepat diajukan ke pengadilan,” tanggapnya.
Ada pun hingga saat ini terdata 650 pelapor dengan total kerugian mencapai sekitar Rp 6,9 miliar. Lalu untuk sang bos Abu Tours sendiri direncanakan akan dipanggil dan dilakukan pemeriksaan dalam waktu dekat.
Erry Satria SH selaku kuasa hukum Abu Tours, terkait perakara ini pihak manajemen Abu Tour masih beritikad baik untuk memberangkatkan para jemaah.
“Abu Hamzah Mamba masih di Mekkah untuk mengurusi keberangkatan jemaah. Informasinya 3 atau 5 Maret akan ada 400-500 orang jemaah yang di Sumsel ini yang akan diberangkatkan,” ungkapnya.
Soal pihak Abu Tour terkesan lari dari para jamaah, Erry mengatakan pihaknya baru hari ini dan tetap beritikad baik terhadap para jamaah.
“Abu Hamzah lagi di Mekkah masih mengurusi keberangkatan, ya rencanya ada 7000 jamaah di seluruh wilayah akan diberangkatkan. Karena ini kami baru bisa datang hari ini,” timpalnya.
Perwakilan Abu Tours Pusat, Andi Akbar Hasban juga menanggapi akan tetap beritikad baik. “Kami utamakan yang sesuai dengan maklumat dan memenuhi persyaratannya,’’ ujarnya.
Tapi bukan berarti yang tidak memenuhi maklumat tidak berangkat, tetap kami berangkatkan. ‘’Kami pastikan 2018 ini semua jemaah berangkat,’’ ujarnya.
Ia menerangkan, dirinya akan memback up penuh jemaah asal Palembang agar tetap diberangkatkan di tahun ini.
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menegaskan, penyidik sudah membuktikan bahwa uang-uang para calon jemaah umrah digunakan bukan untuk memberangkatkan umrah, namun untuk hal lain.
“Ya nanti apabila saat proses penyelidikan masih berlangsung, namun pihak Abu Tours menunjukkan itikad baik dengan memberangkatkan jemaah umrah atau mengembalikan uang, bukan berarti penyelidikannya diberhentikan,’’ ujarnya.
Karena bukti semakin kuat menunjukkan adanya penyelewengan uang jemaah yang dipergunakan untuk hal lain tersebut. ‘’Kalau ada itikad baik, silakan, itu lebih bagus karena sesuai dengan janjinya,” tukas Kapolda Sumsel. (adi)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses