Gelontorkan Dana PKBL Rp 140 Juta

Gelontorkan Dana PKBL Rp 140 Juta
Posted by:

Kapten A Rivai, Palembang Pos.-
PT Jasa Raharja (Persero) menyerahkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di kota Palembang. Untuk tahap pertama ini sedikitnya Rp 140 juta dana PKBL diserahkan untuk modal kerja kepada 6 mitra binaan di wilayah Palembang.
“Dana PKBL yang dipinjamkan ini merupakan laba dari perusahaan kita. Ini baru tahap awal saja, kedepan akan ada kelanjutannya bagi  mitra kita,” terang Kepala Jasa Raharja (Persero) Sumsel, Patoni kepada koran ini kemarin.
Dijelaskan Patoni, untuk 2014 ini direncanakan sekitar Rp 700 juta dana PKBL akan disalurkan kepada mitra binaan. Dimana masing-masing mitra binaan ini ada yang menerima modal kerja dari Rp 10 juta sampai Rp 50 juta tergantung usaha yang dikelolanya.
“Semoga dana PKBL yang diterima ini dapat dimanfaatkan dan tentunya dapat dikembalikan kembali tepat waktunya,” harap Patoni lagi. Diakui Patoni, dana PKBL yang disalurkan ini setiap tahunnya diharapkan terus meningkat.
Dana PKBL yang disalurkan Jasa Raharja kepada mitra binaan ini. Antara lain pelaku usaha industri batu bata di Talang Betutu, toko pakaian, industry tahu, warung makanan dan lainnya.
Misalnya di 2012 lalu menyalurkan Rp 1,2 miliar untuk 113 mitra binaan, 2013 menyalurkan Rp 507 juta untuk 44 mitra binaan. Bantuan ini sempat dihentikan karena ada peraturan dan kebijakan dari Kementerian BUMN dan baru di 2014 ini kembali  disalurkan di masing-masing BUMN. “Untuk Jasa Raharja ini merupkan penyaluran pertama dana PKBL,”katanya.
Sementara itu Kasubag PKBL PT Jasa Raharja Hj Asmawati mengatakan, untuk mendapatkan dana PKBL ini setidaknya para pelaku UKM ini telah memiliki usaha, lama pinjaman hanya sampai 3 tahun dengan biaya adminitrasi hanya 6 persen sehingga pelaku UKM   tidak diberatkan. “Kita berharap dana ini bisa membantu pelaku UKM untuk memajukan usahanya,”harapnya. (ove)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses